Pakar Onkologi RSUD Sidoarjo Paparkan Cara Deteksi Dini Kanker

Pakar Onkologi RSUD Sidoarjo Paparkan Cara Deteksi Dini Kanker

dr. Ari Ramadhana memberikan materi seputar kanker payudara, grand dafam signature hotel Surabaya-Haikal Ismail-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Daily Hotels, Agenda Kota dan Medical Tourism Indonesia menggelar Ramadan Festival 2023. Acara itu menampilkan interactive talkshow Mengenal dan Deteksi Dini Kanker Dalam Tubuh Kita di Hotel Grand Dafam Signature Surabaya, Minggu, 8 april 2023. 

 

Interaktif talkshow disuguhkan bersama buffet all you can eat yang termasuk di dalam harga tiket masuk (HTM). Bangku bertutupkan kain putih, berjajar di depan panggung. Satu persatu pengunjung mulai berdatangan. Duduk berbaris.

 

Sembari menunggu acara dimulai, pengunjung juga dapat melakukan medical check up. Mulai dari tensi, cek gula darah, cek komposisi tubuh, dan konsultasi gizi.

 


Cek gula darah dalam medical check up, grand dafam signature hotel Surabaya-Haikal Ismail-

 

Narasumber pada sore itu ialah, dr. Ari Ramadhana, SP.B (K) ONK. Dan dr. Suherman Hadi , SP. ONK RAD. Keduanya merupakan dokter spesialis kanker RSUD Sidoarjo.

 

Materi pertama disampaikan oleh Dr Suherman Hadi mengenai Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks Uteri. Ia memaparkan tentang gejala awal kanker serviks, serta menjelaskan tumor ganas dan tumor jinak bersama cara pencegahannya.

 


dr. Suherman Hadi melanjutkan tentang cara mencegah dan mengobatinya bagi pasien yang terdampak kanker serviks, grand dafam signature hotel Surabaya-Haikal Ismail-

 

"Kematian akibat kanker lebih tinggi daripada serangan jantung ataupun HIV," ujar Dr Suherman Hadi. Tumor adalah suatu benjolan di tubuh kita yang tidak normal. Tumor terbagi 2. Yakni tumor jinak dan tumor ganas. Tumor Jinak itu berkapsul dan tidak menyebar kemana-mana. Jika sudah dioperasi selesai sudah pengobatan ini. 

 

Dr Suherman mengatakan, Tumor ganas tidak berkapsul. Dia mempunyai kemampuan untuk beradaptasi di tempat lain. Ketika sudah di operasi harus butuh ditindaklanjuti. Di kemo atau di radiasi. Tumor belum tentu kanker, tapi jika tumor ganas sudah pasti kanker.

 

Menurutnya, Faktor resiko penyebab terjadinya kanker ialah genetik sel kanker yang ada didalam tubuh, infeksi virus HPV, merokok dan menikah muda. Tetapi Rokok bukan penyebab utama, melainkan hanya faktor pendukung dari virus tersebut. 

 

Data dari Global Cancer Observatory tahun 2018 menunjukan di Indonesia setiap 1 jam ada satu perempuan meninggal karena kanker serviks. Gejala kanker serviks mulanya ialah terkena keputihan dengan aroma busuk, perdarahan kontak, dan gejala akibat komplikasi.  "Pencegahannya ialah menghindari faktor resiko, dan harus sering kontrol ke rumah sakit terdekat untuk pencegahan dini terhadap kanker," ungkapnya.

 

Dokter Ari Ramadhana melanjutkan diskusi dengan pembahasan kanker payudara. Menurut data dari Global Cancer Observatory tahun 2020, kanker payudara menempati urutan pertama jumlah kanker terbanyak di Indonesia. Bahkan menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

 

"Kanker payudara tidak hanya terjadi pada perempuan. Namun 1% kanker payudara juga terjadi pada laki-laki," ujar Dr Ari Ramadhana.

 

Menurutnya, Gejala awal yang dialami oleh penderita kanker payudara adalah munculnya benjolan di sekitar payudara tanpa rasa nyeri. Biasanya sering diabaikan. Tapi ini adalah pemicu utama. Akhirnya, di Indonesia lebih dari 70 persen kasus kanker payudara ditemukan dalam kondisi sudah stadium lanjut (stadium 3 dan 4).

 

Gejala dan tanda kanker payudara yang umunya terjadi ialah: puting tertarik dalam payudara dan mengeluarkan darah, gambaran kulit jeruk pada payudara, kulit payudara mengalami radang (inflamasi), luka borok, dan benjolan di ketiak.

 

Pengobatan kanker payudara terbagi menjadi 2. Yaitu lokal dan systemic. "Untuk lokalnya kami melakukan operasi kemudian bisa dilanjutkan dengan radiasi" ungkapnya. Kemudian untuk yang systemic menggunakan hoemone therapy, chemotherapy, dan targeted therapy

 

Beliau menambahkan, deteksi kanker payudara dapat dilakukan dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dan pemeriksaan payudara klinis (SADANIS). "Sekecil apapun benjolan yang ditemukan segera konsultasikan diri anda ke dokter. Menunda berarti memberikan kesempatan sel kanker berkembang dan mengurangi untuk sembuh" akhirnya menutup.

 


Foto bebas bersama peserta dan panitia talkshow, grand dafam signature hotel Surabaya-Haikal Ismail-

 

Acara itu juga turut dihadiri oleh Duta Kesehatan Jawa Timur Ayu Laila Arik dan pasangannya M. Ghouzul A'dhom. Miss Chinese Indonesia 2022 Priscilia Yasin , dan Puteri Indonesia Jawa Timur 2017 Vivian Tania. (Candraditya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: