Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 18 Agustus 2023: Petinggi China Dijadwalkan Meresmikan

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 18 Agustus 2023: Petinggi China Dijadwalkan Meresmikan

HADIAH HUT-78: Presiden RI didampingi Menko Marves Luhut B. Panjaitan saat meninjau trainset Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Oktober lalu. Setelah molor bertahun tahun dan biaya bengkak, KCJB akhirnya diproyeksikan beroperasi pada Agustus 2023-Foto : Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Pemerintah memastikan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasi pada pertengahan tahun 2023 mendatang. 

"Kita harapkan bisa operasional mulai tanggal 18 Agustus 2023. Sebagai hadiah dari HUT RI ke 78," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta, Senin (10/4/2023)

Luhut mengatakan bahwa dalam Kunjungan Kerja ke Republik Rakyat China (RCC) beberapa waktu lalu, Luhut telah menyampaikan keinginan pemerintah Indonesia agar ada petinggi negara tirai bambu tersebut yang bisa hadir dalam peresmian sistem kereta api cepat pertama di Indonesia tersebut. 

Hal ini dilakukan kata Luhut untuk menyingkirkan keraguan akan proyek KC tersebut. "Karena selalu ada keraguan di masyarakat bahwa ini akan selesai," jelas pria kelahiran Sumatera Utara ini. 

Luhut mengatakan bahwa dirinya telah meninjau pemasangan rel terakhir pada jalur sepanjang 340 kilometer tersebut pekan lalu. Ia memastikan bahwa pemasangan jalur sudah rampung. "Trial akan dimulai Mei. Paling lambat akhir Mei," jelas Luhut. 

Mengenai pembiayaan proyek, tim teknis dari kedua negara telah menyepakati cost overrun sebesar 1,2 miliar dolar untuk menutupi bengkaknya pembiayaan proyek KCJB. Jumlah ini adalah hasil audit kedua belah pihak. 

Pemerintah juga kini tengah melobi China Development Bank (CDB) untuk menurunkan suku bunga pinjaman untuk menutupi biaya KCJB. Sebelumnya, CDB menetapkan suku bunga sebesar 4 persen namun menawarkan keringanan sekitar 3,4 persen. "Sudah turun di bawah 4. Tapi kita ingin lebih rendah lagi," papar Luhut.(*)  

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: