Serial Geliat Masjid Perumahan (Seri 23): Masjid Al Ikhlas, Surabaya; Pindah Demi Syiar Meluas

Serial Geliat Masjid Perumahan (Seri 23): Masjid Al Ikhlas, Surabaya; Pindah Demi Syiar Meluas

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Masjid di Perumahan Palm Spring Regency, Surabaya, ini unik. Bentuk bangunannya melebar. Dibangun dengan biaya swadaya masyarakat perumahan, di lahan fasum yang elit dan asri itu.

 

Sejatinya, masjid itu dahulunya belum selebar sekarang. Pengurus masjid merenovasinya karena ingin bisa melayani umat dengan maksimal. 

 

Renovasi pembangunannya, dilakukan secara bertahap. Pertama, pengurus masjid merenovasi sisi kiri masjid. Melebarkan dan menambah satu lantai bangunan di atasnya. Tahap kedua, renovasi mengarah ke sisi kanan gedung.
Sisi samping Masjid Al Ikhlas, Perumahan Palm Spring Regency, Surabaya, yang bangunannya sedikit unik karena berbentuk memanjang. -Erni Prasetyo-

 

Sejak 2019 itulah, pengurus masjid sudah tak lagi melakukan renovasi masjid, hingga sekarang. ”Kalau dahulu masjid ini masih kecil. Tak ada separuhnya dibandingkan saat ini. Alhamdulillah sekarang ruang utamanya sudah tiga kali lebih lebar ya dibandingkan dahulu,” kata Sie Humas Masjid Al Ikhlas, Salmin Letto.

 

Suasana di masjid itu sejuk sekali. Apalagi dekat dengan taman bunga, di perumahan elit yang asri itu. Hampir di sekeliling bangunan Masjid Al Ikhlas juga dihiasi pepohonan yang rindang. Wajar kalau menjadi jujukan kalangan masyarakat luas. Banyak yang betah berlama-lama di sana. Mereka senang beristirahat di masjid, setelah menunaikan ibadah.

 

Selain beristirahat, tak jarang mereka mengikuti program-program yang ada di Masjid Al Ikhlas. Misalnya kegiatan dakwah keislaman. Yang mana saat pengurus masjid atau Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) tengah menghadirkan seorang guru atau ustaz yang kebetulan mereka kagumi.

 

”Itu rutin setiap hari Sabtu dan Minggu. Kalau mereka senang dengan pematerinya, wah masjid bisa sampai penuh. Ada 300 hingga 400 jemaah yang ikut,” terang Ketua DKM Masjid Al Ikhlas Saiful Muhtadin.

 

Menurut Saiful, program Tahsin Alquran banyak menarik peminat. Khususnya bapak-bapak dan ibu-ibu. Program itu dilakukan rutin setiap hari Senin hingga Jumat. ”Nah kalau hari Jumat sudah jatahnya mereka dikoreksi tajwid bacaan Alquran,” katanya.
Suasana salat berjamaah di ruangan utama Masjid Al Ikhlas, Perumahan Palm Spring Regency, Surabaya, yang sejak renovasi kini tiga kali lebih lebar dibandingkan dahulu. -Erni Prasetyo-

 

Kemakmuran masjid juga terlihat dari berbagai program lainnya. Antara lain buka bersama, salat tarawih, dan ceramah agama, tadarus Alquran, qiyamul lail dan sahur bersama, kajian Subuh, kajian Duha, dan salat Idulfitri.

 

”Kami pun ingin tetap bisa memberikan sumbangsih kepada warga sekitar dengan cara berkolaborasi bersama pelaku UMKM untuk menyediakan menu berbuka termasuk takjil Ramadan. Dengan harapan ikut membantu mensejahterakan umat," kata Saiful. "Sejumlah program yang sering kami lakukan untuk kegiatan sosial lain adalah santunan anak yatim,” lanjutnya.

 

Selain program-program itu, melalui yayasan Al Ikhlas juga telah memberikan pelayanan kepada anak-anak yang ingin mempelajari ilmu agama. ”Ada kegiatan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di sini. Termasuk, kami membuka program pondok Ramadan,” kata Saiful.
Anak-anak yang sedang mengikuti kegiatan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) bersama pembimbing. Kajian ini diupayakan oleh Yayasan Al Ikhlas yang memberikan pelayanan kepada anak-anak untuk bisa mempelajari ilmu agama. -Erni Prasetyo-

 

Dengan menggeliatnya beragam program dan kegiatan keislaman itulah, pengurus masjid berkeinginan membangun masjid baru. Sekaligus untuk mendekatkan masjid kepada masyarakat umum. ”Kami ingin menggeliatkan lagi syiar agama lebih luas. Itu sekaligus mengakomodir warga sekitar perumahan bisa bareng-bareng berjamaah bersama kami,” ujar Saiful.

 

Sayang itu masih dalam batas keinginan. Belum bisa terwujud hingga saat ini. Tapi itu sudah menjadi rencana pengembangan masjid dan mendapat apresiasi masyarakat. Terlebih bagi pihak panitia pembangunan masjid.

 

Rencananya, Masjid Al Ikhlas akan dipindahkan ke lahan yang baru. Posisinya dekat jalan raya atau lahan depan perumahan. Tetapi masih terganjal surat izin. (Eko Setyawan)

 

Indeks: Masjid Bukit Palma, Perumahan Bukit Palma, Surabaya BACA BESOK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: