Profil Pemain Naturalisasi Serbabisa Timnas Indonesia Shayne Pattynama

Profil Pemain Naturalisasi Serbabisa Timnas Indonesia Shayne Pattynama

Shayne Pattynama resmi menjadi WNI dan segera perkuat Timnas.-instagram/@s.pattynama-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Shayne Pattynama resmi menjadi pemain Timnas Indonesia setelah menjalani proses naturalisasi. Rekomendasi FIFA juga sudah beres.  Sejak tanggal 26 Maret 2023, Shayne telah dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam laga uji coba melawan Burundi, 28 Maret 2023. 

Namun, rencana tersebut tidak dapat terlaksana karena masih ada kendala perpindahan federasi sepak bola Belanda, KNVB, ke PSSI. Shayne Pattynama pada saat itu juga menghadapi masalah dengan paspornya yang harus diselesaikan di Indonesia, meskipun sejak akhir Januari 2023 ia telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Namun, sekarang PSSI, FIFA, dan KNVB telah secara resmi menyelesaikan semua persyaratan yang diperlukan agar Shayne dapat membela Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama adalah seorang pesepakbola kelahiran Belanda pada tanggal 11 Agustus 1998, yang saat ini berusia 24 tahun. 


Shayne Pattynama resmi menjadi WNI dan segera perkuat Timnas.-instagram/@s.pattynama-

Nama lengkapnya adalah Shayne Elian Jay Pattynama, dan ia memiliki darah Indonesia karena ayahnya lahir di Semarang, Jawa Tengah. Ia dikenal sebagai seorang pemain full back (bek sayap) kiri untuk klub Viking FK yang bermain di Liga Norwegia, kasta tertinggi kompetisi sepakbola Norwegia. 

Karier sepakbolanya dimulai dari akademi SV Lelystad '67, Ajax, dan FC Utrecht sebelum akhirnya bergabung dengan Telstar pada tahun 2019, dan resmi bergabung dengan Viking FK pada 1 April 2021. 

Selain itu, Shayne Pattynama juga bisa bermain sebagai gelandang sentral, menunjukkan kemampuannya sebagai pemain serba bisa (versatile).

Menurut Transfermarkt, nilai jual Shayne Pattynama diperkirakan mencapai sekitar Rp 6,95 miliar. Dengan kualitas dan potensinya sebagai pemain sepakbola, Shayne Pattynama merupakan sosok yang menarik dan menjanjikan di dunia sepakbola. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: