Tol Masih Lengang, Pesawat dan KA Mulai Penuh

Tol Masih Lengang, Pesawat dan KA Mulai Penuh

-Grafis: Annisa Salsabila-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lebaran Idulfitri tak sampai sepekan lagi. Jumlah penumpang sejumlah moda transportasi pun terus meningkat. Terutama pesawat, kapal, dan kereta api (KA). Tetapi, berbeda di jalur darat. Tol Trans Jawa, misalnya, masih sangat lengang hingga Minggu, 16 April 2023.

“Yang agak ramai justru Jumat sampai Sabtu sore,” ujar General Manager Ruas Tol Surabaya - Gempol Hari Pratama saat dihubungi, kemarin. Demikian halnya dengan pantauan Harian Disway melalui cctv bjpt.pu.go.id. Arus mudik di sejumlah ruas Tol Trans Jawa belum terlihat. Bahkan lancar dan cenderung sepi hingga tadi malam.

Jumlah kendaraan yang masuk ke Surabaya memang sedikit naik pada dua hari sebelumnya. Baik melalui gerbang tol Kejapanan dan Warugunung. Terbanyak pada Jumat, 14 April 2023, jumlah kendaraan naik 20 persen dari rata-rata harian.

Sedangkan jumlah kendaraan yang keluar dari Surabaya justru menurun sekitar 10 sampai 12 persen pada Sabtu, 15 April 2023. Tetapi, semuanya masih terhitung wajar jelang Lebaran.


Lalu lintas di jalan tol Surabaya-Serpong terlihat masih lengang. -FOTO: ANDIKA BAGUS PRIAMBODO-HARIAN DISWAY-

Menurut Hari, kepadatan lalu lintas di gerbang tol Kejapanan akan mengalami puncaknya pada H-2 Lebaran. Tepat pada Rabu, 20 Maret 2023 nanti. Bahkan diprediksi tembus 27.832 unit yang masuk. Dan meningkat lagi pada H+2 Lebaran, Selasa, 24 April 2023, menjadi 48.483 unit.

Lalu puncak arus balik terjadi pada H+3 Lebaran, Rabu, 25 April 2023 diperkirakan sebanyak 51,9 ribu unit kendaraan yang keluar. Hingga H+7, Sabtu, 29 April 2023 mencapai 45,1 ribu unit kendaraan. “Di puncak arus mudik dan arus balik itu meningkat 50 persen dari hari biasa,” jelas Hari.

Prediksi itu pun kemungkinan bakal terus meningkat. Mengingat jumlah pemudik Lebaran tahun ini naik lebih dari 30 persen dari tahun sebelumnya. Sedikitnya 21,2 juta warga Jawa Timur berbondong-bondong pulang ke kampung halaman.

Jumlah pemudik motor memang masih dominan. Tetapi, peningkatan signifikan juga bakal terjadi pada jumlah pemudik mobil. Apalagi Jawa Timur tercatat sebagai provinsi kedua yang paling dituju para pemudik. Yakni sebanyak 24,6 juta orang akan mudik ke berbagai daerah di Jawa Timur.

“Tentu mengunjungi keluarga, seperti dari Surabaya ke arah Malang, biasanya di Jawa Timur karakter seperti itu, justru trafiknya tinggi di hari H,” lanjut Hari. Polanya, kendaraan yang ke luar Surabaya meningkat saat pagi hari. Dan kendaraan yang masuk ke Surabaya juga naik mulai sore hari.


Antrean penumpang yang melakukan check in di Bandara Juanda, Sidoarjo, 16 April 2023. -HUMAS BANDARA JUANDA-

Sementara itu, peningkatan penumpang terus terjadi di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. Bahkan tercatat sebanyak 40.295 penumpang pesawat yang datang ke Jawa Timur. Paling banyak dari Jakarta, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Yang terbang ke luar provinsi juga banyak. Yakni mencapai 37.692 penumpang. Itu artinya, sebanyak 77.987 penumpang yang beraktivitas di Bandara Juanda, kemarin. “Jumlahnya naik 38 persen jika dibandingkan H-6 Lebaran tahun lalu. Ini salah satu indikasi arus mudik sudah mulai,” terang General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar.

Tetapi, perbandingannya jauh lebih sedikit ketimbang H-7 pada 2019 sebelum pandemi Covid-19. Saat itu, jumlahnya bisa tembus 93.542 penumpang. Dua hari belakangan, jumlah penumpang terus melonjak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: