Khofifah Lepas 3.554 Peserta Mudik Gratis

Khofifah Lepas 3.554 Peserta Mudik Gratis

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas rombongan mudik gratis di depan kantor Dinas Perhubungan Jatim di Jalan A. Yani, Surabaya, 19 April 2023.-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Setiap tahun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tidak pernah absen mengadakan mudik gratis. Ketua umum Muslimat NU itu juga tak pernah absen melepas keberangkatan peserta mudik gratis tersebut.

Tahun ini, acara mudik gratis diikuti 3.554 orang. Mereka diangkut dengan dengan 90 bus dengan tujuan ke 15 kabupaten/kota di Jawa Timur pada Rabu, 19 April 2023. Mulai pukul 08.00, satu per satu bus diberangkatkan oleh Khofifah dari depan kantor Dinas Perhubungan Jatim di Jalan A. Yani, Surabaya. 

“Saya setiap tahun pasti ikut mudik gratis ini. Hanya saja, waktu Covid-19 kan sempat dihentikan program ini. Nanti, pulangnya baru biaya saya sendiri,” kata Komarudin, kepada Harian Disway, Rabu, 19 April 2023.


Warga bersiap mudik melalui program mudik gratis Pemprov Jatim. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Komarudin mudik ke Ponorogo bersama 440 warga yang lain. Ia mendaftar sejak 11 April lalu bersama istri dan dua anaknya.

 “Alhamdulillah program ini sangat membantu. Daftarnya pun mudah, kemarin saya datang ke Dishub Jatim cuma membawa foto copy KTP dan KK (kartu keluarga). Plus bukti sudah vaksin booster,” Sartini, warga Bungurasih yang mudik ke Ponorogo. "Ini mudik gratis ke-6 yang saya ikuti," sambungnya.

BACA JUGA:Gus Ipul Imbau agar Mobdin Tidak Dipakai Mudik dan Ponsel Pejabat Selalu Aktif

Khofifah menyempatkan diri menyapa warga yang sudah berada di dalam bus. Dia pun memberikan bingkisan untuk untuk bekal para pemudik selama di perjalanan. Menurut Khofifah, setiap rombongan dikawal oleh mobil patwal dari kepolisian. “Mereka ini adalah warga VIP. Keamanannya dijaga sepanjang perjalanan mudik. Saya pikir ini cara kita memberikan penghormatan dan kemuliaan dalam menyambut kemenangan Idulfitri,” ucapnyi.


Deretan bus yang siap mengangkut warga yang akan mudik gratis bersama Pemprov Jatim. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Mudik gratis itu, merupakan salah satu cara untuk mengurangi kemacetan akibat lonjakan mudik. Serta, meminimalkan potensi kecelakaan lalu lintas.  “Pesan saya, gak usah didorong-dorong sopirnya untuk cepat sampai. Busnya Insya Allah sudah dicek kelayakannya dan pelayanan sudah kami tingkatkan. Tinggal di perjalanannya bagaimana. Yang penting sampai rumah aman selamat sedaya,” ujar ketua PB NU itu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: