Kebakaran RS Beijing Tewaskan 29 Orang, Polisi Periksa 12 Tersangka

Kebakaran RS Beijing Tewaskan 29 Orang, Polisi Periksa 12 Tersangka

POLISI MENELITI titik kebakaran di Changfeng Hospital, Beijing, 19 April 2023.-GREG BAKER-AFP-

BEIJING, HARIAN DISWAY – Inilah kebakaran paling fatal yang pernah terjadi di Beijing selama lebih dari dua dekade terakhir. Rumah sakit Changfeng terbakar pada Selasa, 18 April 2023. Sebanyak 29 orang tewas. Sebagian besar adalah pasien. Rabu, 19 April 2023, dua belas orang langsung ditahan. Termasuk kepala rumah sakit.

 

Kebakaran itu memang mengenaskan. Video dan gambar yang beredar di media sosial menunjukkan ratusan orang yang panik. Mereka bergelantungan di jendela. Memakai tali atau kain. Sebagian lagi nekat melompat ke jalanan. Beberapa orang juga berpegangan pada unit AC yang ada di bagian luar tembok rumah sakit.

 

Dua belas orang yang ditahan dianggap bertanggung jawab pada peristiwa itu. Menurut Sun Haitao, aparat dari Biro Keamanan Publik Beijing, para tersangka itu harus bertanggung jawab. Mereka dinilai lalai dalam merenovasi rumah sakit. 

 

Aparat memang menduga bahwa kebakaran itu disebabkan percikan api dalam proses renovasi. ’’Terutama pada departemen rawat inap rumah sakit,’’ kata Zhao Yang, petugas pemadam kebakaran. Percikan itu menyambar barang yang mudah terbakar. Hingga akhirnya 16 perempuan dan 13 lelaki tewas.

 

’’Kami minta maaf atas kesalahan ini,’’ kata Li Zongrong, wakil wali kota distrik Fengtai. ’’Terimalah rasa duka mendalam untuk keluarga korban. Juga permintaan maaf kepada seluruh warta kota,’’ tambahnya.

 

Menurut televisi CCTV, sebanyak 26 korban adalah pasien. Dua orang lagi adalah staf rumah sakit. Plus seorang keluarga pasien. People’s Daily melaporkan bahwa ada 39 orang lagi yang harus dirawat karena luka-luka. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: