Menghitung Peluang Degradasi Lima Tim Liga Inggris: Everton 52 Persen

Menghitung Peluang Degradasi Lima Tim Liga Inggris: Everton 52 Persen

Frank Lampard dipecat dari jabatan pelatih Everton-ilustrasi-@franklampard_fans

HARIAN DISWAY - Pertarungan zona degradasi Liga Inggris terus memberikan drama dan ketidakpastian sejak paruh musim kedua di awal 2023. Namun, dalam sebulan terakhir, situasinya lebih terang benderang.

Pada awal April, hanya ada empat poin yang memisahkan Crystal Palace di posisi ke-12 dan Southampton di posisi paling bawah - jumlah poin terendah antara tim ke-12 dan ke-20 dalam sejarah Premier League.

Sekarang, kurang dari sebulan kemudian, terjadi perubahan besar dengan Bournemouth, Wolves, Crystal Palace, dan West Ham membuat lonjakan poin. 

Selisih antara Crystal Palace di peringkat ke-12 dan tim terbawah Saints sekarang sudah 13 poin. Dengan lima atau enam pertandingan tersisa, apakah kita bisa melihat tiga tim yang terdegradasi dari lima tim itu? Itu sudah termasuk Leeds, Leicester, dan Everton.

Pakar statistik Nielsen Gracenote mempelajari statistik dan menilai peluang setiap tim di zona degradasi berdasarkan sisa jadwal mereka. Hasil statistik itu memberikan gambaran peluang mereka di liga utama.

Gracenote mengatakan tim yang ingin menjauhi zona degradasi harus memiliki 39 poin. Sedangkan yang mampu finish dengan 36 poin punya kesempatan 90 persen untuk terhindar dari degradasi.

1. Bournemouth (peringkat 15 dengan 33 poin)

Peluang degradasi menurut Gracenote: 5 persen

Bournemouth menjadi tim kasta teratas  pertama yang memberhentikan manajernya musim ini. Scott Parker, yang membawa mereka promosi musim lalu, dipecat setelah mengkritik rekrutmen musim panas klub. Semua terjadi setelah timnya dihajar Liverpool 9-0 Agustus tahun lalu.

Gary O'Neil ditunjuk sebagai pelatih baru. Bournemouth tidak memenangkan satu pun dari tujuh pertandingan liga pertama mereka setelah Piala Dunia Qatar 2022.

Namun, 10 pertandingan terakhir Bournemouth menghasilkan lima kemenangan, empat di antaranya diraih dalam tujuh pertandingan terakhir. Ini adalah performa terbaik mereka musim ini dan telah membawa mereka dari peluang degradasi lebih dari 50 persen pada awal April menjadi hampir selamat sekarang.

Mereka masih punya 6 pertandingan lagi: 27 April Southampton (tandang), 30 April Leeds (kandang), 6 Mei Chelsea (kandang), 13 Mei Crystal Palace (tandang), 20 Mei Manchester United (kandang), 28 Mei Everton (tandang).

Fakta Gracenote: Bournemouth telah kebobolan 17 gol dari sepak pojok di Premier League musim ini, hampir dua kali lipat dari tim terburuk kedua dalam hal pertahanan sepak pojok, yaitu Chelsea (sembilan gol). Secara rata-rata, Bournemouth kebobolan gol setiap 13 sepak pojok yang dihadapi.

2. Leeds United (peringkat 16 dengan 30 poin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc