Mengenal Lebaran Ketupat, Tradisi Seminggu Setelah Idulfitri yang Dipopularkan Sunan Kalijaga

Mengenal Lebaran Ketupat, Tradisi Seminggu Setelah Idulfitri yang Dipopularkan Sunan Kalijaga

Mustofa aktivis Kampoeng Dolanan Surabaya secara detail memberikan contoh cara menganyam cangkang ketupat di di Alun-alun Surabaya, Komplek, Balai Pemuda Surabaya, Jawa Timur, Kamis (27/4/2023).-Julian Romadhon-Harian Disway

HARIAN DISWAY, SURABAYA - Tradisi menyajikan ketupat atau kupat berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Ada yang biasanya secara khusus membuat ketupat atau kupat tepat saat lebaran tiba.

Biasanya disajikan pada keluarga atau tamu yang datang bersilaturahmi. Tapi ada juga sebagaian masyarakat yang menyajikan ketupat atau kupat seminggu setelah Idulfitri. Mereka pun menamakan tradisi ini sebagai lebaran ketupat atau kupatan.

Jika merujuk seminggu pasca Idulfitri, maka lebaran ketupat tahun ini berlangsung Sabtu 29 April 2023. 

Lebaran Ketupat biasa dirayakan oleh masyarakat Jawa dengan berkumpul bersama keluarga, menyambangi sanak saudara, menggelar acara hajatan, hingga reuni bersama teman-teman lama.

Bahkan tak jarang ada yang secara khusus membuat ketupat untuk dibagi-bagikan ke kerabat atau tetangga.

Sejarah Lebaran Ketupat

Mengutip NU Online, masyarakat Jawa mempercayai lebaran ketupat diperkenalkan pertama kali oleh Sunan Kalijaga. Tradisi tersebut muncul pada era Wali Songo. Di mana masyarakat Nusantara sering mengadakan tradisi slametan.

Pada zaman dulu, Sunan Kalijaga memperkenalkan dua istilah yaitu Bakda Lebaran yang merupakan tradisi silaturahmi dan bermaaf-maafan setelah sholat Idul Fitri. Dan yang keduam Bakda Kupat (Lebaran Ketupat) yang merupakan perayaan sepekan setelah Idul Fitri.

Lebaran Ketupat diperkenalkan Sunan Kalijaga sebagai pelengkap puasa Ramadhan. Sekaligus sebagai pertanda sudah menjalani puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal atau Puasa Syawal. 

Tradisi lebaran ketupat kemudian dijadikan sebagai sarana untuk mengenalkan ajaran Islam tentang cara bersyukur kepada Allah SWT, bersedekah, dan bersilaturahmi di hari lebaran.

Makna Lebaran Ketupat

Makna lebaran ketupat tentu tak lepas dari filosofi ketupat. Dikutip dari berbagai sumber, ketupat melambangkan simbol permintaan maaf dan juga keberkahan.

Nasi dan daun kelapa muda atau janur yang dipakai ketupat juga punya arti sendiri. Nasi dianggap sebagai lambang nafsu. Sedangkan daun kelapa muda atau janur melambangkan jati ning nur yang artinya hati nurani.

Simbolisasi ketupat itu memilki pesan agar manusia bisa menahan nafsu dunia dengan hati nuraninya. Selain itu ketupat juga didefinisikan sebagai jarwa dhosok atau berarti ngaku lepat. Atau mengakui kesalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: