Ramai, Aquarium KKP Diserbu Pengunjung saat Libur Lebaran

Ramai, Aquarium KKP Diserbu Pengunjung saat Libur Lebaran

Akuarium Silinder di Aquarium Indonesia--kkp.go.id

PANGANDARAN, HARIAN DISWAY - Libur lebaran dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berwisata. Berbagai destinasi wisata pasti akan diserbu oleh para pemudik. Salah satunya adalah Aquarium Indonesia (AI) milik Kementerian Kelautan dan Perikanan di Pangandaran.


Pengunjung ramai melihat salah satu akuarium di Aquarium Indonesia--kkp.go.id

Menjadi salah satu akuarium terbesar di Indonesia, AI ramai dengan pengunjung yang ingin berinteraksi atau sekedar menyaksikan biota laut. Dilansir dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), jumlah pengunjung yang datang sangat besar.

Rika Sudranto, Direktur PT Tridacna Banyu Lestari mengatakan, antusiasme pengunjung saat libur lebaran sangat besar. Bahkan sebelum dibuka saja sudah banyak pengunjung yang berdatangan. Sekitar 1.500 orang datang per harinya.

Jam operasional akuarium ini dimulai saat 08.30 WIB hingga 16.30 WIB. Dengan tarif tiket Rp 50.000,- yang bisa dipesan melalui loket masuk atau laman https://aquariumindonesia.com. Cukup terjangkau dengan seluruh akses melihat berbagai macam biota laut yang ada di AI.


Penyelam melakukan atraksi untuk menarik perhatian pengunjung--kkp.go.id

Selain besar dan memiliki banyak koleksi biota laut, ada satu keunikan lagi dari akuarium milik KKP ini. Akuarium silinder. Di Indonesia hanya ada di AI.

Aquarium Indonesia ini masih tergolong baru. Menurut Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), I Nyoman Radiarta, akuarium ini baru dibuka Desember lalu. Saat itu Menteri KKP hadir, Sakti Wahyu Trenggono mengapresiasi dan berharap makin banyak akuarium yang dibangun.

Sebelum menjadi seperti sekarang, akuarium ini bernama PIAMARI (Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute). Dengan berubahnya nama dan konsep, Nyoman berharap, AI menjadi destinasi wisata edukasi bahari bagi masyarakat.

Nyoman menambahkan, pengelolaan dilakukan bersama BRSDM melalui Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal. Dengan kerjasama ini diharapkan bisa mengurangi beban pemerintah dan mampu meningkatkan kualitas dari AI ini.

Tertarik untuk mengunjungi Aquarium Indonesia? Langsung saja berangkat menuju Pangandaran dengan mengajak keluarga. Jangan lupa sapa biota lautnya dan foto bersama untuk nanti dipamerkan di grup keluarga. Hahaha. (Dave Yehosua Tiranda Bongga)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: