Dampak Gempa M6,2 di Jawa Barat: Puluhan Bangunan Rusak, 4 Orang Luka-luka

Dampak Gempa M6,2 di Jawa Barat:  Puluhan Bangunan Rusak, 4 Orang Luka-luka

Petugas BPBD menginspeksi bangunan rusak di Kabupaten Garut akibat gempa M6,2 Sabtu malam-BNPB -

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Gempa bumi berkekuatan magnitudo M6,2 mengguncang Kabupaten Jawa Barat pada Sabtu, 27 April 2024 pukul 23.29 WIB.

Gempa yang berpusat di laut dengan kedalaman 70 kilometer tersebut berasal dari titik koordinat 8,42 LS dan 107,26 BT di Samudera Hindia selatan Jawa Barat dan dinyatakan tidak berpotensi tsunami

Gempa juga menyebabkan getaran dengan sekala terkuat IV dan III Modified Mercalli Intensity (MMI) di sejumlah Kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan Jabodetabek.


Rumah warga di Kabupaten Garut yang rusak akibat gempa M6,2 Sabtu malam-BNPB-

Laporan dari Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusadalops) BNPB mencatat, sedikitnya sembilan kabupaten dan kota terdampak akibat gempat tersebut.

Antara lain Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang

BACA JUGA:Gempa Bumi M6,5 Guncang Jawa Barat, Sumbernya dari Samudera Hindia

Akibat gempa yang mengguncang ini sedikitnya empat orang mengalami luka-luka.

Data Pusdalops BNPB hingga Minggu, 28 April 2024 pukul 5.45 WIB, tercatat sebanyak 27 Kepala Keluarga (KK) terdampak dari gempa ini.

Dari jumlah ini, warga terdampak paling banyak berada di Kabupaten Garut dengan rincian 3 orang mengalami luka-luka dan 4 KK terdampak.

Sementara di Kabupaten Tasikmalaya, 1 orang mengalami luka-luka dan 8 KK terdampak serta di Kota Tasikmalaya 5 KK terdampak. 

BACA JUGA:BMKG Paparkan Sebab Gempa Beruntun di Laut Banda Utara, Minta Masyarakat Waspada

Laporan juga menyebut total rumah yang rusak akibat gempa ini berjumlah 27 unit. Rincian berdasarkan tingkat kerusakannya meliputi 4 unit rumah rusak berat (RB), 11 unit rumah rusak ringan (RS), 5 unit rumah rusak ringan (RR), serta 7 unit rumah terdampak.

Dari total jumlah tersebut kerusakan sebagian besar berada di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: