Arus Balik Lancar, Hari Ini Kembali Normal

Arus Balik Lancar, Hari Ini Kembali Normal

Antrean kendaraan di pintu tol Warugununug, Surabaya, 1 Mei 2023. -FOTO: JASA MARGA-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Selamat datang warga kota yang baru datang dari mudik Lebaran. Selamat datang kembali kemacetan kota. Hari ini, 2 Mei 2023, kota-kota besar berdenyut lagi setelah kantor dan sekolah buka kembali. Arus balik relatif lancar karena pemberlakuan one way sangat efektif.

Rasanya semua pemudik sudah kembali. PT Jasa Marga mencatat 1,8 juta kendaraan sudah kembali ke Jabodetabek. Angka tersebut kumulatif arus lalu lintas mulai H+1 hingga H+9 Lebaran. Dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi dari arah Puncak, GT Cikampek Utama dari arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama dari arah Bandung.

Kenaikannya pun cukup tajam. Mengingat, dua hari sebelumnya masih tercatat 699 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jabodetabek. Jumlah itu setara 43 persen dari total 1,8 juta kendaraan. 

Lonjakan pergerakan penumpang juga terjadi di Bandara Internasional Soekarno Hatta hingga Senin, 1 Mei 2023. Totalnya tembus 171.387 ribu penumpang. Melebihi jumlah puncak arus mudik yang mencapai 160 ribu. 

Bahkan diprediksi melebihi jumlah puncak arus mudik pada Minggu, 30 April 2023, yang tembus 172 ribu penumpang, Dari jumlah itu, penumpang yang tiba di Jakarta lebih banyak. Yakni mencapai 95 ribu orang. Sedangkan, yang terbang dari Jakarta mencapai 75 ribu orang. 

Bandara Internasional Juanda mengalami hal serupa. Jumlah penumpang membeludak hingga 50.332 orang pada H+9 Lebaran. Angka ini juga melebihi jumlah penumpang pada puncak arus mudik yang mencapai 48-49 ribu.

Selain itu, penerbangan tambahan juga menjadi yang tertinggi di masa arus balik. Yakni bertambah 28 penerbangan dari total 41 pengajuan atau terealisasi sebesar 60 persen. Rutenya ke Samarinda, Bali, Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Palembang, dan Palangkaraya.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar mengatakan, sebanyak 350.620 penumpang memenuhi Bandara Juanda selama arus balik. Atau rata-rata 43.827 penumpang per hari. “Jadi jika dibandingkan dengan traffic harian sebelum Lebaran, pada masa arus balik ini ada peningkatan sebesar 23 persen. Saya kira besok sudah mulai landai lagi,” jelasnya.

BACA JUGA:Kelancaran Arus dan Kecepatan Rata-Rata Mudik 2023 Lebih Baik

Puncak arus balik juga terjadi di tol-tol menuju Surabaya. Salah satunya, GT Warugunung yang mencatatkan 289 ribu kendaraan meninggalkan Surabaya sejak H+3 Lebaran. Angka itu naik 63 persen dibandingkan lalu lintas normal.  “Puncaknya mulai kemarin, tadi pagi sampai siang juga penuh. Besok sudah lengang,” terang General Manager Ruas Tol Surabaya - Gempol Hari Pratama.

Kementerian Perhubungan mencatat jumlah penumpang seluruh moda transportasi umum memang terus meningkat sejak H+2 Lebaran pada 25 April lalu. Selalu di atas 1 juta orang setiap hari. Ini melebihi puncak arus mudik pada H-3 Lebaran yang hanya mencapai 1.07.208 penumpang.

“Sekalipun terjadi kenaikan, tapi pergerakan kendaraan arus balik gelombang kedua hari ini juga lancar,” terang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, kemarin. Baik jalur tol maupun arteri dari Jakarta hingga Cirebon. Terpantau ramai lancar dan terkendali dengan sistem contra flow dan one way.

Budi mengklaim pengendalian arus mudik dan balik tahun ini sukses. Salah satu parameternya, diukur dari kecepatan rata-rata kendaraan yang lebih baik dibanding tahun lalu. Padahal, jumlah pemudik meningkat 30 persen. 

Misalnya, di jalur Cawang hingga Semarang yang mencatatkan kecepatan rata-rata 72,8 km/jam  selama arus mudik. Angka itu lebih cepat ketimbang arus mudik 2022 yang hanya 62,8 km/jam. Rata-rata waktu tempuhnya pun lebih cepat 14 persen yakni mencapai 6 jam 4 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: