Kelancaran Arus dan Kecepatan Rata-Rata Mudik 2023 Lebih Baik

Kelancaran Arus dan Kecepatan Rata-Rata Mudik 2023 Lebih Baik

Menhub dan Jajaran Korlantas Polri melakukan pemantauan di pada lalu lintas arus balik 2023-Foto: Kemenhub-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kemenhub menyatakan bahwa arus kendaraan pada periode balik kedua, yakni akhir pekan terakhir bulan April kemarin, berlangsung cukup lancar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau pergerakan kendaraan pada puncak arus balik kedua, Senin, 1 Mei 2023. 

Berdasarkan pantauan via udara yang dilakukan, jalur tol maupun arteri dari Jakarta hingga Cirebon terpantau ramai lancar dan terkendali. "Arus balik masih terkendali dengan baik dengan adanya contra flow serta one way. Kondisi jalan relatif landai," ujar Budi.

Pasca pantauan udara, Budi langsung memimpin rapat terkait operasional pengendalian lalu lintas di Kantor Jasa Marga yang terletak di samping Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70. 

BACA JUGA:Bawaslu Jatim Selidiki Unsur Kampanye Parpol dalam Aksi May Day

BACA JUGA:Cuaca Makin Panas, Ini 8 Tip Untuk Jaga Kondisi Agar Tetap Fit


Arus balik di sekitar Gerbang Tol Cikampek Utama-Foto : Kementerian Perhubungan -

"Sekalipun terjadi kenaikan pemudik yang tinggi, kecepatan kendaraan saat ini lebih baik dibanding tahun lalu. Angka-angkanya terukur dan dihitung dengan sistem yang canggih. Ini patut kita banggakan," tutur Budi.

Berdasarkan data Jasa Marga, kecepatan rata-rata pada jalur Cawang sampai Semarang, atau Km 3 sampai KM 414 pada arus mudik 2023 adalah 72,8 km/jam lebih cepat 15,9 persen dibanding arus mudik 2022 yang hanya 62,8 km/jam. 

Dari sisi waktu tempuh, tahun ini menjadi hanya 6 jam 4 menit (tanpa berhenti) atau lebih cepat 14 persen terhadap rata-rata arus mudik 2022 yakni 7 jam 2 menit.

BACA JUGA:Menabung Sejak 2020, Kakek Sebatang Kara Kumpulkan Rp 114 Juta

BACA JUGA:KONI Jatim Berencana Hentikan Puslatda

Sementara itu, kecepatan rata-rata arus balik di jalur Semarang sampai Cawang atau Km 414 sampai Km 3 pada 22 April hingga 30 April 2023 tercatat sebesar 77,81 km/jam atau lebih cepat 15,2 persen dibanding rata-rata arus balik 2022 sebesar 67,54 km/jam. 

Waktu tempuh rata-rata dari Semarang hingga Cawang pada periode arus balik menjadi hanya 5 jam 49 menit (tanpa berhenti), lebih cepat 118 persen dibanding rata-rata arus balik 2022 yang mencapai 7 jam 7 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: