Menpora Targetkan 60 Medali Emas SEA Games 2023 di Kamboja

Menpora Targetkan 60 Medali Emas SEA Games 2023 di Kamboja

Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja, di Halaman Kemenpora Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa, 2 Mei 2023-kemenpora-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Upacara Pengukuhan Kontingen Indonesia SEA Games 2023 Kamboja berlangsung di Halaman Kemenpora Senayan Jakarta Pusat pada Selasa, 2 Mei 2023. Indonesia siap mengikuti 31 dari 36 cabor yang dilombakan.

 

SEA Games merupakan pesta olahraga Asia Tenggara yang diikuti oleh 11 negara yang tergabung dalam ASEAN. Awal Indonesia mengikuti SEA Games pada tahun 1977 di Kuala Lumpur, Malaysia. Saat itu, Indonesia langsung keluar sebagai juara umum dengan perolehan 62 medali emas, 41 medali perak, dan 34 medali perunggu.  SEA Games terlaksana setiap 2 tahun sekali, dan tepat di tahun 2023, SEA Games ke-32 berlangsung di Kamboja.

 

Dito Ariotedjo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyatakan bahwa ada 599 atlet dengan presentase 60 persen atlet junior, official sebanyak 230 orang, dan tim Recovery sejumlah 55 orang. Sehingga total kontingen mencapai 884 orang. Indonesia akan mengikuti 31 dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

Dito juga optimis dan tetap mengutamakan analisa dari Tim Review dengan logis dan realistis. Dan untuk menghadapi SEA Games kali ini, Kontingen Indonesia ditentukan berdasarkan track record prestasi, sport analyst, yang dilakukan bersama Tim Pakar Akademisi, NOC dan KONI. Sehingga mencetak Kontingen Merah Putih dengan komposisi terbaik untuk mengikuti cabang olahraga yang telah ditentukan. 


Di tahun sebelumnya, pada SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, Dito mengungkapkan bahwa Indonesia kehilangan 39 medali emas karena tidak dipertandingkan. Dan di tahun ini, Indonesia menambah jumlah atlet dengan harapan dapat menyiasati hal tersebut dengan mengoptimalkan dari cabang olahraga dan tim yang ada.

Dito membeberkan tentang target atau prediksinya, “Setelah kita mengutak-atik dari cabang olahraga dengan tim yang ada, lalu kita review dan evaluasi, hasilnya kita menemukan di angka 60 (medali emas), mudah-mudahan dapat meleset keatas dan bisa mempertahankan di posisi nomor tiga, “ ujarnya dikutip dari laman resmi kemenpora. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: