SEA Games 2023: Flairene Candrea Jadi Pembawa Bendera Indonesia dalam Parade Defile

SEA Games 2023: Flairene Candrea Jadi Pembawa Bendera Indonesia dalam Parade Defile

Flairene Candrea saat meraih emas nomor 100 meter gaya punggung putri di SEA Games 2021 Vietnam -Kemenpora-

SEA Games 2023 akan dibuka pada Jumat (5/5) di Morodok Techno National Stadium, Phnom Penh, Kamboja. Pada upacara pembukaan itu, atlet renang Flairene Candrea akan berada pada barisan depan kontingen Indonesia. Flairena ditunjuk sebagai pembawa bendera pada parade defile.

 

“Sebuah kehormatan dan pastinya saya sangat senang sekali bisa menjadi representasi Indonesia di Asia Tenggara dengan membawa bendera Merah Putih. Ini kesempatan yang tidak mungkin saya tolak. Pokoknya saya sangat bangga,” kata perempuan yang akrab disapa Flair itu dalam rilis resmi Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada Kamis (4/5).

 

Flair sendiri merupakan peraih emas nomor 100 meter gaya punggung putri pada SEA Games 2021 Vietnam. Pada pertandingan tersebut, Flair mencetak waktu 1 menit 3,36 detik. Capaian itu diraih pada saat Flair masih berusia 17 tahun.

 

Dalam upacara pembukaan tersebut, Kontingen Indonesia diikuti sekitar 40 orang. Mereka terdiri dari 25 atlet dan 15 official dari tim Chef de Mission (CdM) dan KOI. Sebanyak 25 atlet itu dari cabang olahraga (cabor) karate, teqball, renang, pencak silat, dan sepak takraw.

 

Adapun tim official diikuti oleh CdM SEA Games 2023 Indonesia Lexyndo Hakim, Vice CdM Puji Lestari, Deputi I Andi Astribhaskoro Emir, Deputi II Ibnu Riza Pradipta, dan lainnya.

 

Pada SEA Games 2023 ini, Indonesia mengirim 599 atlet dalam 31 cabor. Pemerintah menargetkan Kontingen Indonesia minimal mempertahankan peringkat ketiga klasemen dengan 60 emas. Pada SEA Games 2021 lalu, Indonesia berada di peringkat ketiga dengan raihan 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

 

“SEA Games ini merupakan bentuk dari solidaritas kita, bangsa Indonesia terhadap Kamboja dan negara-negara ASEAN yang bersahabat. Jadi, kita harus berperan aktif dan mengambil peran di SEA Games ini,” kata pria yang juga menjadi Ketua Pengprov Perbasi DKI Jakarta itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: