Pesta Meriah Pembukaan SEA Games Kamboja

Pesta Meriah Pembukaan SEA Games Kamboja

Kontingen Indonesia saat seremoni pembukaan SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, 5 ei 2023. -FOTO: ERLY BAHTIAR - SPORTSMOMENT.ID-

HARIAN DISWAY - Kamboja baru pertama kali menjadi tuan rumah SEA Games. Insiden fatal pun terjadi. Untungnya terjadi saat geladi resik. Bendera Indonesia terpasang terbalik. Jadi putih-merah. Celakanya, pre-show opening ceremony itu disiarkan langsung melalui kanal YouTube. Jadi, saksi matanya tentu banyak sekali.  

Indonesia pun melayang protes dengan mengirimkan surat keberatan kepada panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC). “Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Plt Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara, 

BACA JUGA:Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023, Kamboja Minta Maaf

Insiden itu tidak mengurangi antusiasme warga Kamboja untuk menyaksikan seremoni pembukaan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh. Sekitar 44 perwakilan atlet, ofisial, dan tim Chef de Mission (CdM) Indonesia ikut ambil bagian dalam defile upacara pembukaan. Kontingen Tim Indonesia pada saat defile dipimpin oleh CdM Lexyndo Hakim. Sedangkan pembawa bendera atau flag bearer adalah perenang Flairene Candrea Wonomiharjo. 

Flairene mengenakan baju asal Bali yang biasa dipakai para penari Panji Semirang. Tari Panji Semirang merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Bali.  "Tentunya saya sangat senang sekali bisa menggunakan baju adat khas Bali saat defile upacara pembukaan. Apalagi, bajunya tidak begitu ribet dan sangat nyaman untuk digunakan saat berjalan sambil mengibarkan bendera Merah-Putih," ujar peraih emas di SEA Games 2022 Vietnam tersebut. (Ragil Putri Irmalia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: