Damien Chazelle Terpilih Jadi Ketua Dewan Juri Festival Film Venesia

Damien Chazelle Terpilih Jadi Ketua Dewan Juri Festival Film Venesia

Si ketua dewan juri Festival Film Venesia Damien Chazelle yang reputasi penyutradaraannya tak meragukan lagi sehingga layak memimpin penilaian film terbaik dunia tahun ini. -Daily Mail -

HARIAN DISWAY - Siapa ketua dewan juri Festival Film Venesia ke-80 2023 yang berlangsung 30 Agustus-9 September medatang? Damien Chazelle!

Kepastian peraih penghargaan Best Director Golden Globe Awards ke-74 itu sebagai orang penentu dalam penilaian sejumlah film-film terbaik dunia dalam Festival Film Venesia, disambut dengan sangat antusias oleh Damien.

Ia sudah membayangkan bagaimana sepuluh hari di Lido, Venesia, yang menjadi tempat perhelatan festival itu akan menjadi kota bioskop dengan sejumlah film-film berkualitas yang diputar. ”Dengan rendah hati saya senang diundang untuk memimpin juri tahun ini. Saya tidak sabar untuk menemukan karya baru dari film-film hebat di Festival Film Venesia ke-80,” katanya.

Di tangan Damien akan ditentukan film terbaik yang menerima penghargaan utama dalam festival ini berupa Leone d'Oro. Penghargaan yang bermakna Singa Emas itu diberikan kepada film pilihan yang ditayangkan selama festival. Dewan juri yang dipimpinnya akan juga menganugerahkan Coppa Volpi atau Volpi Cup yang diberikan kepada aktor dan aktris terbaik dalam festival itu.

Debut Damien sebagai juri festival yang juga disebut Mostra Internazionale d'Arte Cinematografica dalam bahasa Italia itu tentu bukan tanpa perhitungan. Karya Damien sendiri telah dua kali menjadi pembuka festival film. Pertama, dengan La La Land pada 2016 dan kedua dengan First Man pada 2018. 
Piala Oscar yang digenggam Damien Chazelle menjadi bukti bahwa prestasinya diakui sebagai sineas terbaik dunia. -Daily Mail-

Kedua film itu juga mencatatkan prestasi yang gemilang buat karier kesutradaraan Damien. La La Land menerima 14 nominasi Academy Awards dan memenangkan enam Piala Oscar termasuk gelar sutradara terbaik untuknya. Bahkan Damien tercatat sebagai sutradara termuda yang memenangkan penghargaan tersebut. Sementara First Man yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Claire Foy, meraih empat Academy Awards.

Dengan segala prestasi itu layaklah laki-laki kelahir 19 Januari 1985 itu sebagai juri. Kariernya sebagai sutradara diawali dalam musikal Guy and Madeline on a Park Bench (2009). Pada 2014, ia menulis dan menyutradarai film cerita keduanya, Whiplash, yang diangkat dari film pendek tahun 2013 karyanya dengan judul yang sama. 

Hebatnya film yang tayang perdana di Sundance Film Festival itu langsung mendapatkan lima nominasi Academy Award termasuk kategori Best Picture. Sementara Damien sendiri mendapat nominasi sebagai Best Adapted Screenplay.

BTW, untuk Indonesia sendiri, dalam festival tertua di dunia itu, tercatat ada film Autobiography karya Makbul Mubarak yang memenangi First Film Award seksi Horizons. Entah apakah ada lagi film hasil sineas film kita yang bakal sukses dalam film internasional bergengsi itu. Kita tunggu saja. (Heti Palestina Yunani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: