Tiba di Labuan Bajo, Presiden Cek Kesiapan KTT ASEAN

Tiba di Labuan Bajo, Presiden Cek Kesiapan KTT ASEAN

Presiden Jokowi tiba di Bandara Komodo untuk mengecek persiapan pelaksanaan KTT ASEAN ke 42-Foto: BMI Setpres-

LABUAN BAJO, HARIAN DISWAY - Presiden Jokowi dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu, 7 Mei 2023 sekitar pukul 15.30 WITA.

Kesempatan tersebut juga digunakan oleh penyelenggara untuk mensimulasikan penyambutan terhadap kedatangan kepala negara ASEAN dalam KTT ASEAN ke 42. Penyambutan Presiden dan Ibu Negara Iriana disambut dengan jajar pasukan kehormatan dan tarian tradisional “Tiba Meka”.

Presiden Jokowi memastikan bahwa KTT ke-42 ASEAN siap dilaksanakan. “Ya tinggal dua hari lagi, sudah siap, semuanya sudah siap,” ujarnya. 

BACA JUGA:Presiden Setiba di Labuan Bajo: ASEAN Bukan Proksi Negara Manapun!

BACA JUGA:Amankan KTT ASEAN, Polri Luncurkan Operasi Komodo 2023


Menhub Budi Karya Sumadi melaporkan kesiapan penyambutan tamu VIP KTT ASEAN pada Presiden Jokowi-Foto: BMI Setpres-

“Kemarin kita terakhir itu habis Lebaran sudah kita cek, semuanya sudah siap, artinya ini tinggal pelaksanaan,” tambahnya.

Menurut Presiden, saat ini seluruh jajaran pemerintah tengah berkonsentrasi pada penyelenggaraan KTT ASEAN. Selain itu, Presiden juga memandang baik keterlibatan aktif masyarakat Labuan Bajo dalam penyelenggaraan KTT ASEAN.

“Saya kira semuanya terlibat karena memang baik dalam penyambutan, baik dalam penyiapan kulinernya, baik dalam penyiapan homestay-nya, semuanya, hotelnya, semuanya terlibat kan ya,” jelasnya.

BACA JUGA:Indonesia Dukung Timor-Leste Jadi Anggota ASEAN Ke-11

BACA JUGA:Dukung KTT ASEAN ke-42, Pertamina Kerahkan Ambulan dan Personil Medis

Lebih lanjut, Presiden menyebut bahwa penyelenggaraan ajang KTT ASEAN di Labuan Bajo merupakan kesempatan baik untuk mempromosikan destinasi wisata tersebut ke dunia internasional.

“Ini adalah momentum yang sangat baik kita adakan KTT ASEAN di Labuan Bajo itu untuk marketing Labuan Bajo supaya semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur,” tandasnya.

Presiden kemudian mengecek kesiapan Bandara Komodo dalam penyelenggaraan KTT ASEAN. Dalam kegiatan ini, Menhub Budi Karya Sumadi melaporkan sejumlah hal, diantaranya kesiapan infrastruktur dan interior bandara serta alur kedatangan tamu VVIP beserta para delegasi.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: