Amankan KTT ASEAN, Polri Luncurkan Operasi Komodo 2023

Amankan KTT ASEAN, Polri Luncurkan Operasi Komodo 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). -Dok. Humas Polri-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Polri menyiapkan operasi terpusat bersandi “Komodo 2023” untuk menjamin keamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9 hingga 11 Mei mendatang.

Operasi ini juga akan melibatkan berbagai unsur penting lain, sehingga pertemuan para kepala negara Asia Tenggara tersebut berjalan sukses.

"Kami menyelenggarakan satu mekanisme pengamanan yang detail,  terintegrasi, dan terkolaborasi dengan semua aspek. Baik itu keamanan maupun aspek pendukung dari kegiatan KTT itu sendiri," kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya I. E. dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Jumat 5 Mei 2023.

BACA JUGA:Indonesia Dukung Timor-Leste Jadi Anggota ASEAN Ke-11

BACA JUGA:Dorong Inklusifitas, Pertamina Akan Tingkatkan Jumlah dan Peran Perempuan di Level Kepemimpinan Perusahaan

Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya dalam diskusi FMB9 IKP Kominfo-Foto: Tim Media KTT ASEAN ke-42-

Agung menjelaskan, Polri telah menyiagakan total 2.627 personel yang merupakan hasil kerjasama dengan TNI dan berbagai stakeholders lain. Para personil sejak Kamis 4 Mei 2023 telah bertolak ke Labuan Bajo. 

Setibanya di bumi Komodo, para polisi tersebut langsung menempati pos-pos pengamanan tempat pertemuan berlangsung. Agung mengatakan mereka telah melakukan latihan rutin terutama untuk menyesuaikan dengan kondisi, topografi, dan keunikan Labuan Bajo.

"Dengan mengelola daerah yang spesifik ini tentu perlu pengenalan lokasi. Kemudian lebih detail lagi tentang potensi-potensi apa yang harus kita kelola dan kendalikan sehingga keamanan bisa terwujud," katanya.

BACA JUGA:Dukung KTT ASEAN ke-42, Pertamina Kerahkan Ambulan dan Personil Medis

BACA JUGA:Kominfo Pastikan Kelancaran Internet Selama KTT ASEAN ke-42

Polri kata Agung juga terus membangun komunikasi secara intens dengan TNI "TNI sudah menyediakan kapal di perairan. Demikian juga yang ada di darat. Kemudian teman-teman Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah juga menata jalur lokasi-lokasi tempat berlangsungnya KTT," Jelas Agung.

Untuk pengamanan kepala negara, Paspampres akan dibantu 104 personil dari pihak kepolisian. Polri juga telah menyediakan jalur yang cukup panjang dari Kota Labuan Bajo ke Golo Mori, salah satu tempat berlangsungnya KTT ke-42 ASEAN 2023.

BACA JUGA:KTT ASEAN 2023 dalam Bayang-Bayang Gempa, Tsunami, dan Cuaca Ekstrem, BMKG Kerahkan Semua Sumber Daya

"Kita sudah menyiapkan jalur yang cukup panjang kurang lebih 36 km dari Kota Labuan Bajo. Kita siapkan pengawalannya sehingga para delegasi tiba dengan selamat dan lancar sampai di lokasi," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: