Kominfo Pastikan Kelancaran Internet Selama KTT ASEAN ke-42

Kominfo Pastikan Kelancaran Internet Selama KTT ASEAN ke-42

Menkominfo Johnny G Plate dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko memantau persiapan jaringan internet selama KTT Asean ke 42 di Labuan Bajo-Foto: Kominfo-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menjamin kualitas dan keandalan koneksi internet selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, 9 Mei mendatang.  

Johnny mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan penyelenggara layanan telekomunikasi, terutama PT. Telkom Indonesia. 

“Kami terus menyiapkan kualitas jaringan internet yang mencukupi sebagai kebutuhan siaran selama perhelatan berlangsung. Termasuk jaringan seluler maupun fixed network-nya. Agar bandwidth yang cukup, sehingga upload dan download data nanti bisa dilakukan dengan baik dan memadai,” ungkap Johnny di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu 3 Mei 2023.

BACA JUGA:KTT- 42 ASEAN, Indonesia Dorong Penyelesaian Isu Perdagangan Orang

BACA JUGA:KTT ASEAN 2023 dalam Bayang-Bayang Gempa, Tsunami, dan Cuaca Ekstrem, BMKG Kerahkan Semua Sumber Daya

Pria kelahiran Ruteng, NTT ini menyebut,  Kementerian Kominfo juga menyiapkan jaringan back-up baik berbentuk jaringan fiber optik maupun jaringan frekuensi radio berbasis 4G. 

“Jaringan sistem komunikasi kabel laut sudah hampir lengkap 100 persen. Perlu kita perhatikan betul-betul agar ASEAN ke-42 berjalan lancar dan masyarakat kita mendapat manfaatnya,” tandasnya. 

Selain pemantauan yang dilakukan dari Network Operation Center (NOC) PT. Telkom Indonesia di Manggarai Barat, Kementerian Kominfo juga menyiagakan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika yang ada di Surabaya, Denpasar, Mataram, dan Kupang.

BACA JUGA:Personel Polda NTT Mulai Bertolak ke Labuan Bajo Amankan KTT ASEAN

Mereka mengawasi spektrum frekuensi selama penyelenggaraan KTT ASEAN. PT. Telkom pun sudah menyiapkan pemantauan agar tidak terjadi interferensi (gangguan,Red) spektrum frekuensi. “Saya berharap tentu Network Operation Center di sini bisa melakukan monitoring dengan baik,” ungkapnya.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan jaringan telekomunikasi yang optimal merupakan jantungnya kesuksesan KTT ASEAN.  

BACA JUGA:Labuan Bajo Bersolek Menuju KTT ASEAN Ke-42

"Publik sekarang menunggu dengan seksama apa yang dihasilkan dari KTT ini dan itu bisa di-deliver teman-teman media ke publik sebagai jembatan, maka kuncinya ada di kualitas jaringan," tandasnya.

Berkaca dari penyelenggaraan KTT G20, Moeldoko menyatakan sejauh ini semua persiapan layanan telekomunikasi berjalan dengan baik. “Segala hal teknis berkaitan kualitas jaringan harus dirinci dengan baik kemungkinan-kemungkinan yang mengganggu,” ujarnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: