On Target, Tim Balap Sepeda Raih Empat Emas di SEA Games

On Target, Tim Balap Sepeda Raih Empat Emas di SEA Games

Dara Latifah (tengah) meraih medali emas di nomor Cross-country Eliminator (XCE) pada Senin, 8 Mei 2023.-PB ISSI-

HARIAN DISWAY - Tim balap sepeda berhasil mencapai target empat medali di SEA Games 2023. Keempat emas itu hanya didapatkan dari satu disiplin saja, yakni MTB. Emas keempat diperoleh Dara Latifah dari nomor Cross-country Eliminator (XCE) pada Senin, 8 Mei 2023 di Phnom Kulen, Siem Reap, Kamboja.

Indonesia menurunkan empat pembalap di nomor XCE. Dua jagoan asal Lumajang, Zaenal Fanani dan Ihza Muhammad tampil di kategori putra. Sementara Dara Latifah dan Sayu Bella Sukma Dewi menjadi tumpuan Merah Putih di sektor XCE putri. Hasilnya, dua medali berhasil dibawa pulang ke Tanah Air.

Dara Latifah menjadi yang tercepat di final XCE putri yang berlangsung Senin siang. Dalam lomba yang menempuh rute sejauh 1 km itu, pembalap asal Sumatera Utara (Sumut) ini meraih emas usai mengalahkan Ariana Evangelista (Filipina) dan Warinthorn Phetpraphan (Thailand).

Sayangnya Sayu Bella gagal mencapai babak final. Pembalap asal Bali tersebut harus mendapat perawatan medis usai terjatuh di fase penyisihan.

Baca Juga: Tim Balap Sepeda Indonesia Tambah Satu Emas dari Nomor XCR

Sementara itu, Ihza Muhammad gagal mendapatkan medali emas di final XCE putra. Dalam lomba yang menempuh rute sejauh 1 km ini, Ihza harus puas finis ketiga. Ia berhak mendapatkan medali perunggu.

Medali emas digondol Methasit Boonsane asal Thailand. Sedangkan medali perak direbut Khim Menglong dari Kamboja. Sementara pembalap kawakan Indonesia, Zaenal Fanani gagal lolos ke final usai tercecer di penyisihan.

Baca Juga: Indonesia Kawinkan Medali Emas di Balap Sepeda XCO

Dengan demikian, tim balap sepeda Indonesia telah memperoleh empat medali emas di SEA Games 2023. Sebelumnya, Indonesia mengawinkan emas di nomor Cross-Country Olympics (XCO). Kemudian merebut satu emas di nomor Cross-country Relays (XCR). Hasil ini sesuai dengan target yang dicanangkan PB ISSI sebelum berangkat ke Kamboja.

Selain itu, empat emas di SEA Games 2023 sekaligus melebihi pencapaian mereka di SEA Games 2021 di Vietnam. Pada saat itu Indonesia meraih 3 emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Ketiga emas itu didapatkan Zaenal Fanani (XCO), Tiara Andini (downhill), dan Agustina Delia Priatna (ITT putri).

Tim balap sepeda Indonesia masih berpeluang menambah perolehan emasnya. Sebab nomor road baru digelar pada 11-13 Mei. Terdapat empat medali emas yang akan diperebutkan di disiplin ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: