1.470 Peserta UTBK di Unesa, 1 Peserta Hampir Ketinggalan Pesawat

1.470 Peserta UTBK di Unesa, 1 Peserta Hampir Ketinggalan Pesawat

Peserta UTBK Unesa saat mengerjakan soal ujian-Humas Unesa-Humas Unesa

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Perjuangan ekstra demi bisa menempuh pendidikan di kampus idaman: Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Pesawat tujuan Berau-Surabaya beberapa jam lagi akan berangkat. Seluruh penumpang diminta untuk melakukan check-in. Salah satunya Adelia Putri.

 

Sebelum berangkat, perempuan berusia 17 tahun itu kembali memeriksa berkas yang dibawanya untuk mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di UNESA. Di sana, dia memilih prodi S-1 Teknik Informatika. Semua berkas lengkap. Namun, ada kendala kecil yang akan menghambat ujiannya di Kota Pahlawan.

 

Padahal, berbagai persiapan sudah dilakukannyi saat masih berada di kota kelahirannyi di Berau, Kalimantan Timur. Dia lulusan SMA Negeri 1 Berau. Petugas di sekolah itu salah menuliskan namanyi di surat keterangan lulus.

 

BACA JUGA: Hari Pertama UTBK di Unair, 70 Peserta Absen

 

"Nah, saya kan baru cek. Langsung saja, kakak yang antar saya ke bandara, langsung putar balik ke sekolah untuk memperbaiki surat keterangan lulus itu. Saya sudah deg-degan. Takut ketinggala pesawat. Akhirnya kakak saya tiba di bandara sebelum waktu check-in tutup," katanyi, Senin, 8 Mei 2023.

 

Pun dia bersyukur bisa mengikuti tes dengan lancar. Berharap mendapatkan hasil maksimal yang bisa mengantarkannya menjadi mahasiswa Teknik Informatika UNESA. "Harapannya semoga saja hasilnya baik dan bisa lulus di sini," ucapnyi. 

 

UTBK di UNESA diikuti sebanyak 1.740 peserta. Awalnya, peserta yang mendaftar sebanyak 1.820 peserta. "Ada yang tidak hadir tanpa keterangan sampai sesi dua berjalan yaitu sebanyak 80 peserta," kata Kepala Sub Direktorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa UNESA Sukarmin.

 

BACA JUGA: UTBK Unesa Berkapasitas 50 persen

 

Proses UTBK hari pertama berjalan lancar dan tanpa kendala. Semua sudah sesuai dengan skema yang ditetapkan. Semoga, kelancaran berjalan sampai sesi terakhir dan gelombang terakhir. "Tidak ada informasi peserta yang terlambat atau kendala apa-apa dari pengawas. Alhamdulillah, semoga lancar sampai akhir," ucapnya.

 

Tercatat, ada 26 peserta dari luar pulau Jawa. Ada yang dari Kalimantan Timur, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara bahkan Papua pun ada. "Banyaknya peserta dari berbagai daerah ini menambah pengalaman dan suasana UTBK di UNESA," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: