Selamat Datang Timor Leste, Resmi Jadi Anggota ke-11 ASEAN

Selamat Datang Timor Leste, Resmi Jadi Anggota ke-11 ASEAN

Presiden Jokowi menyambut PM Timor Leste Taur Matan Ruak di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.-FOTO: Muchlis Jr-Setpres-

LABUAN BAJO, HARIAN DISWAY - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 ini sungguh istimewa. Tempatnya yang istimewa. Diadakan di LABUAN BAJO. Destinasi wisata superprioritas yang menjadi kebanggan Indonesia. Para pemimpin negara-negara ASEAN bakal dipameri keindahan Pulau Komodo tersebut oleh Presiden Jokowi

Hampir seluruh kepala negara sudah tiba di Labuan Bajo, 9 Mei 2023. Kecuali Myanmar dan Thailand. ASEAN belum siap menerima Myanmar karena Pemimpin Junta Militer Myanmar Min Aung Hlaing masih keras kepala. Belum mau melaksanakan Konsensus Lima Poin ASEAN. Hingga kini Myanmar masih dalam krisis akibat kudeta junta militer pada Februari 2021 lalu. 

"Min, sesuai kesepakatan para pemimpin ASEAN, tidak diundang karena persoalan konflik domestik negara itu," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 9 Mei 2023. 

Selain Myanmar, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha juga absen. Sebab, sibuk mempersiapkan partainya menghadapi pemilu pada 14 Mei 2023.

Ada satu agenda penting ASEAN lainnya. Timor Leste telah diterima sebagai anggota ke-11 ASEAN. Kehadiran PM Timor-Leste Taur Matan Ruak langsung disambut hangat oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

Bahkan, keduanya menggelar pertemuan bilateral di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, kemarin. Jokowi memberi ucapan selamat datang kepada Timor-Leste atas kali pertama keikutsertaannya dalam KTT ASEAN.

Tentu, kepesertaan Timor Leste dalam persatuan kelompok politik-ekonomi negara-negara Asia Tenggara ini memang telah lama diajukan sejak lama. Indonesia secara khusus juga mendukung penuh. Sebab, kedua negara ini punya hubungan kerja sama yang baik.

PM Timor-Leste Taur Matan Ruak mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Indonesia. Dan berkomitmen untuk segera memenuhi semua kriteria keanggotaan penuh ASEAN. “Selama keketuaan Indonesia ini, road map untuk Timor-Leste agar menjadi anggota penuh akan disepakati dan segera kami adopsi,” tandasnya. (Mohamad Nur Khotib)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: