Sandi vs Erick

Sandi vs Erick

Ilustrasi Erick Thohir dan Sandiaga Uno.-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Keduanya sama-sama produk kampus Amerika Serikat. Erick lulusan Glendale University dan National University California. Di sisi lain, Sandi pernah kuliah di Wichita State University dan George Washington University. 

Untuk pengalaman politik, semua orang masih ingat, Sandi sudah pernah menang dalam pilkada Jakarta bersama Anies Baswedan. Pilpres lalu sebagai cawapres Prabowo.

Di partai, Sandi lebih berpengalaman  karena menjadi pengurus teras Gerindra. Posisinya wakil ketua dewan pembina. 

Pengalaman terbesar Erick di bidang politik ialah menjadi ketua tim sukses Jokowi itu.

Pengalaman politik Erick memang kalah, tapi menonjol di bidang organisasi olahraga. Menjadi ketua panitia Asian Games. Juga, ketua Komite Olimpiade Indonesia. Terakhir, menduduki kursi ketua umum PSSI.  Pun, punya jam terbang mengurus klub sekelas Inter Milan.

Yang perlu juga kita cermati, manuver Sandi dan Erick pada dua tahun terakhir ini. Mereka melakukan langkah-langkah strategis yang tentu ada kaitannya dengan persiapan jadi cawapres.

 Erick, misalnya, mendekatkan diri dengan NU. Di tengah kesibukan sebagai menteri BUMN, ia masih sempat menjadi ketua panitia acara Satu Abad NU. Juga, bergabung dengan Banser. Orang pun sudah paham, manuver itu untuk mendapat simpati dan dukungan dari warga nahdliyin

Sandi juga melakukan manuver politik. Ia terlihat berkali-kali hadir di acara PPP. Misalnya di Yogyakarta. Partai yang menjadi sekocinya. Pada akhirnya, Sandi mundur dari Gerindra. Publik pun menduga-duga, Sandi bakal merapat ke PPP. Pintu gerbang bergabung ke Ganjar. PPP sudah menyatakan dukungan ke Ganjar.

 

3. Modal Survei

Untuk survei cawapres, nama Sandi dan Erick selalu muncul di papan atas. Setidaknya lima besar.

Ini dua contoh survei cawapres terbaru.

 Pertama, survei LSI (31 Maret–4 April 2023). Hasilnya: Ridwan Kamil (19,6), Sandiaga Uno (18,9). Erick menempati urutan ketiga, disusul AHY dan Khofifah. Tiga nama terakhir di bawah 15 persen. 

Survei kedua, IPI (Indikator Politik Indonesia) yang dirilis akhir Maret 2023. Hasilnya: Ridwan Kamil (20,3), Sandiaga Uno (14,2), AHY (13,4), dan Erick (12,9).

Dari hasil survei itu, Sandi unggul head-to-head atas Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: