Terry Yudha Juara Criterium, Balap Sepeda Indonesia Juara Umum SEA Games

Terry Yudha Juara Criterium, Balap Sepeda Indonesia Juara Umum SEA Games

Terry Yudha Kusuma (dua dari kanan) merebut medali emas di nomor criterium. Inilah emas kelima tim balap sepeda Indonesia di SEA Games 2023-PB ISSI-

HARIAN DISWAY - Pembalap Terry Yudha Kusuma mempersembahkan medali emas kelima untuk skuad balap sepeda Indonesia di SEA Games 2023. Terry meraih emas usai finis pertama di nomor criterium putra pada Kamis siang, 11 Mei 2023 di Phnom Kulen, Siem Reap, Kamboja.

Balapan criterium putra menjadi event pertama di nomor road cabang olahraga balap sepeda di SEA Games 2023. Lomba berlangsung di lintasan sejauh 1,84 kilometer. Para pembalap putra harus mengitarinya hingga 30 putaran. Dengan total jarak 55,2 kilometer.

Total 24 pembalap putra yang berpartisipasi. Mereka berasal dari delapan negara. Mulai dari Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura, Kamboja, Laos, dan Indonesia. Tim Indonesia menurunkan tiga pembalap, yakni Terry Yudha, Aiman Cahyadi, dan M. Andy Royan.

Hasil yang didapatkan skuad Merah Putih sesuai dengan harapan. Terry Yudha berhasil finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 13 menit 38 detik. Kemenangan ini memastikannya merebut emas. Nur Amirul Fakhruddin Mazuki (Malaysia) dan Ronald Oranza (Filipina) masing-masing meraih perak dan perunggu.

"Alhamdulillah kami menambah satu emas dari criterium putra atas nama Terry Yudha. Kerja tim cukup bagus. Semua instruksi dijalankan dengan baik oleh pembalap-pembalap kita," kata Dadang Haries Poernomo, head coach tim nasional balap sepeda Indonesia.

Baca Juga: On Target, Tim Balap Sepeda Raih Empat Emas di SEA Games

Sayangnya, Indonesia gagal meraih medali di nomor criterium putri. Setelah Magh Firotika Marenda hanya finis keempat di nomor ini. Medali emas direbut Juthatip Maneephan asal Thailand. Sementara Nguyen Thi That (Vietnam) dan Nur Aisyah Mohamad Zubir (Malaysia) meraih perak dan perunggu.

Sebelumnya, tim balap sepeda Indonesia meraih empat emas dari total 5 medali yang diperebutkan di nomor MTB. Kempat emas tersebut diperoleh dari nomor Cross-Country Olympics (XCO) putra dan putri, Cross-country Relays (XCR), dan Cross-country Eliminator (XCE) putri.

"Kami mohon doa dan dukungan untuk tim balap sepeda Indonesia. Yang saat ini sudah meraih lima emas dari total sembilan medali yang diperebutkan di SEA Games 2023," harap Dadang.

Dengan perolehan sementara 5 emas, 1 perak, dan 1 perunggu, bisa dipastikan Indonesia menjadi juara umum cabang olahraga balap sepeda di SEA Games. Tim balap sepeda Indonesia unggul jauh dari Thailand yang mendapatkan 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Indonesia masih berpeluang menambah emas dari balap sepeda. Sebab masih ada dua medali emas yang diperebutkan di nomor men's mass start dan women's mass start. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: