Timnas Basket Putri Tundukkan Juara Bertahan Filipina

Timnas Basket Putri Tundukkan Juara Bertahan Filipina

Ayu Sriartha (tengah)saat tampil dalam pertandingan timnas basket putri Indonesia vs Filipina pada Jumat (12/5) -Yoga Prakasita-

Emas pertama SEA Games untuk timnas basket putri Indonesia di depan mata. Pada Jumat (12/6) Henny Sutjiono dkk berhasil mengalahkan juara bertahan Filipina dengan skor 89-68 di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh. Ini menjadi kemenangan keempat beruntun timnas basket putri di ajang tersebut.

 

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia mengambil momentum di awal paruh kedua. Tripoin Yuni Anggraeni sukses membawa Indonesia menyalip 41-31. Setelah itu Indonesia bahkan bisa memimpin dengan selisih tertinggi 21 poin.

 

Yuni tampil efisien. Turun dari bangku cadangan, Yuni menjadi pencetak skor terbanyak dengan 24 poin selama 16 menit bermain. Ia mencetak 9/13 tembakan serta sempurna dalam 4 tembakan gratis.

 

Begitu juga dengan Kimberley Pierre-Louis yang meraih 20 poin. Kimberley membuat dobel-dobel dengan 15 rebound serta 3 blok. Ia memasukkan 8 tembakan tepat sasaran dengan akurasi 61 persen selama 30 menit.

 

Pada gim keempat ini Indonesia tampil lebih baik. Tim asuhan Chi We Lin itu bahkan mencatat turnover terendah yaitu 15 kali. Sebanyak 42 poin Indonesia berasal dari paint area. Mereka juga unggul dalam 21/32 tembakan gratis. Secara keseluruhan Indonesia mencatat akurasi 48 persen dari 30/62 tembakan.

 

Sementara itu Filipina tertahan dengan 27/78 tembakan. Hanya 5 tripoin dari 21 percobaan yang tepat sasaran. Janine Pontejos memberikan 11 poin untuk Filipina. Disusul France Cabinbin dengan 10 poin.

 

Indonesia menyisakan dua pertandingan lagi. Pada laga berikutnya mereka melawan tuan rumah Kamboja yang juga diperkuat oleh Dinkins Brittany, Kimbely Hanlon, Mariah Cooks, dan Simmons Meighansharee. Keempat pemain itu pernah dikalahkan oleh Indonesia pada perebutan medali perunggu 3x3 putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: