PKB Jatim Tak Mau Hal Ini Terulang: Menang Suara, Kalah Jumlah Kursi dari PDIP

PKB Jatim Tak Mau Hal Ini Terulang: Menang Suara, Kalah Jumlah Kursi dari PDIP

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar (dua kiri) saat mendatangi kantor KPU Jatim, Sabtu, 13 Mei 2023.-Moch Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - DPW PKB Jatim tidak mau mengulang kejadian di pemilu 2019. Secara perolehan suara, mereka menang. Sayangnya, jumlah kursi di DPRD Jatim mereka kalah dengan PDI Perjuangan. Akhirnya, jatah Ketua DPRD Jatim, direbut partai berlogo banteng tersebut. 

Saat ini, PKB punya 25 wakil rakyat di DPRD Jatim. Sedangkan PDIP punya 27. Berdasarkan rekapitulasi suara tingkat provinsi yang dilakukan KPU Jatim pada 2019, PKB memperoleh 4.380.740 suara, sementara PDIP  mendapat 4.110.205 dukungan.

Karena itu, pada pemilihan legislatif (pileg) kali ini, PKB menyusun strategi khusus. Mereka menargetkan 40 kursi di Indrapura, sebutan lain DPRD Jatim. "Kita tidak bicara suara, tetapi kursi harus menang," kata Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar, Minggu, 14 Mei 2023.

Halim menyatakan PKB Jatim menyerahkan 120 nama bacaleg. Untuk keterwakilan perempuan, sebanyak 40 persen. "PKB berkomitmen tinggi untuk keterwakilan perempuan. Saat ini di DPRD Jatim, dari 25 anggota dewan, 11 di antaranya perempuan," jelasnya.


Rombongan PKB saat diterima oleh komisioner KPU Jatim, Sabtu, 13 Mei 2023.-Moch Sahirol Layeli-

Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi mengatakan bahwa 21 orang dari 25 anggota DPRD Jatim Fraksi PKB yang masih aktif bakal maju lagi. Mereka juga menyiapkan sejumlah nama baru.

Antara lain,  dangdut Ayu Arsita di dapil Gresik-Lamongan, Istri Wabup Sidoarjo Sriatun, serta Mantan Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jafar.

Kemudian di kalangan ponpes, ada putra Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Anwar Iskandar yakni Gus Farid yang maju di Dapil Jatim VIII (Jombang, Madiun, Mojokerto, dan Nganjuk). Kemudian Dapil Jatim VI ada Ning Maziyah dari Ponpes PETA Tulungagung. Di Dapil Jatim I (Surabaya) ada nama-nama bacaleg baru yakni Musyaffa' Rouf, Mahfudz, dan Camelia Habibah. 


Para kader dan pendukung PKB saat mengantarkan pengurus DPW PKB Jatim ke kantor KPU Jatim, Sabtu, 13 Mei 2023.-Moch Sahirol Layeli-

"Kita tidak ingin jumawa. Mempersiapkan diri semaksimal mungkin demi mencapai target yang diperintahkan oleh kiai-kiai sepuh di Jawa Timur. Itu jauh lebih penting. Yakin dan berikhtiar sekuat tenaga, InsyaAllah kita optimis Jatim akan kembali menghijau," tegasnya. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: