PSI-Perindo Tak Mau Gagal Lagi ke Senayan

PSI-Perindo Tak Mau Gagal Lagi ke Senayan

KETUA UMUM PSI Giring Ganesha membawa poster bergambar Jokowi didampingi Ketua PSI Isyana Bagoes Oka (kanan) mendaftarkan bacaleg PSI ke KPU. -FOTO: TWITTER @KOKOK DIRGANTORO-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) tak mau jadi partai gurem lagi seperti sebelumnya. Oleh karena itu, dua partai muda tersebut menempatkan kader-kade potensial untuk menjadi pendulang suara. 

Perindo misalnya, kini mengandalkan Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi (TGB) yang diberi jabatan wakil ketua umum. Foto TGB kini lebih banyak dipasang di baliho daripada foto ketua umumnya, Hary Tanoesoedibjo. Selain itu ada Ustad Yusuf Mansur yang juga punya banyak pendukung. Istri Hary Tanoe Liliana Tanoesoedibjo dan putrinyi Angela Tanoesoedibjo juga menjadi andalan Perindo untuk merebut kursi di Senayan. 


ROMBONGAN Partai Perindo yang diikuti tokoh-tokohnya yakni Hary Tanoesoedibjo, Liliana Tanoesoedibjo, TGB Muhammad Zainul Majdi, dan Ustad Yusuf Mansur, mendatangi kantor KPU. -FOTO: TWITTER @PERINDO-

Masuk juga  jurnalis terkenal di daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg). "Ada Prabu Revolusi, tadinya mau ikut (ke KPU) tapi masih perjalanan dari Kamboja. Ada Mas Aiman Witjaksono yang dulu vokal di televisi," kata Hary Tanoe kepada wartawan setelah mendaftarkan bacaleg di kantor KPU pusat, Minggu 14 Mei 2023. 

Prabu Revolusi saat ini merupakan Managing Director iNews Media Group dan Pemimpin Redaksi iNews TV. Sedangkan Aiman adalah Pemimpin Redaksi MNC News dan host AIMAN di iNews. 

Ketika ditanya wartawan apakah Prabu dan Aiman sementara nonaktif dari jabatannya sebagai pemred media, Hary menjawab diplomatis. "Saya rasa di DPR juga banyak eks wartawan juga, sama-sama saja. Saya rasa Anda sendiri bisa jawab," kata Bos MNC Group itu.

Perindo mendaftarkan 680 bacaleg dengan komposisi perempuan 43 persen. Hary menargetkan partainya meraih 10 persen suara. Karena itu pada Pemilu 2024, Perindo akan habis-habisan. "Kenapa all out? partai politik kalau tidak punya kursi, perjuangannya tidak bisa maksimal. Partai politik tidak mempunyai kursi (di parlemen) itu ormas," kata Hary. 

Bagaimana dengan PSI? Partai yang dipimpin Giring Ganesha ini juga telah mendaftarkan 580 bacaleg ke KPU. Bersamaan harinya dengan Perindo dan Demokrat. Rombongan PSI datang membawa poster bergambar Jokowi. "Kami siap melanjutkan kerja-kerja baik dari pemerintahan Pak Jokowi," ujar Ketua Ketua Umum PSI Giring Ganeha, dalam konferensi pers di KPU. 

Di deretan bacaleg PSI ada musisi Doadibadai Hollo alias Badai Kerispatih hingga Komika Rony Immanuel alias Mongol. "Badai di Jabar 6 yakni Kota Depok dan Kota Bekasi. Kalau Mongol di Sulawesi Utara," kata Giring. 

Giring sendiri akan maju di dapil Jabar 1: Kota Bandung dan Kota Cimahi. Kemudian ada Ade Armando yang maju di dapil DKI Jakarta 2 yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri. 

Sedangkan Sekjen PSI Dea Tunggaesti akan bersaing dengan Puan Maharani di Jateng 5 meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali. Untuk keterwakilan perempuan, PSI memasukkan lebih dari 30 persen pada daftar bacaleg. PSI juga tidak mendaftarkan caleg mantan koruptor.


KETUA UMUM Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengisi daftar hadir di kantor KPU didampingi istrinya, Annisa Pohan dan sang adik, Edhie Baskoro Yudhoyono.-FOTO: TWITTER @KPU_ID-

Selain PSI dan Perindo, Partai Demokrat juga telah mendaftarkan bacalegnya ke KPU. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan Edhie Baskoro Yudhoyono masih andalan untuk menyedot suara. Ibas-sapaan Edhie Baskoro pernah menjadi caleg dengan suara terbanyak se-Indonesia. Ia selalu lolos ke DPR melalui dapil Jatim 7 meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi.  

"Kami punya target 14-15 persen kursi DPR RI. Itu kalau diterjemahkan kami ingin memenuhi setiap daerah pemilihan," ungkap AHY –sapaan Agus Harimurtti Yudhhoyono. (Mohamad Nur Khotib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: