Dewa 19 Jadi Tamu Spesial Indonesian Idol, Awalnya Main Game Berakhir Karaokean

Dewa 19 Jadi Tamu Spesial Indonesian Idol, Awalnya Main Game Berakhir Karaokean

DEWA 19 tampil di Grand Final Indonesian Idol 12, Senin malam, 15 Mei 2023.-Instagram Indonesian Idol-

JAKARTA, Harian Disway – Malam grand final Indonesian Idol yang bertajuk Beauty of The Beat bertambah meriah oleh penampilan spesial Dewa 19 feat. Virzha. Penampilan band legendaris itu dibuka dengan lagu Risalah Hati. Dengan pakaian serba hitam, Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Yuke Sampurna, Agung Yudha, dan Virzha tampak gahar. Dhani bahkan mengenakan syal dan dunce cap tinggi. Membuatnya terlihat seperti pesulap.

Lagu yang pernah dibawakan Once itu sukses membuat penonton menggalau bersama. Terutama pada lirik, ''Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta!'' Para juri tak mau kalah. Anang Hermansyah, Rossa, Judika, Bunga Citra Lestari, dan David Bayu juga ikut berdiri dan lipsync. Mereka beberapa kali berfoto dan membuat video untuk diunggah di akun Instagram masing-masing.

Di lagu kedua, band itu membawakan lagu Angin dan meminta untuk semua penonton serta juri untuk berdiri, menyanyi bersama. Para penonton dan juri terlihat sangat menikmati suguhan Dewa 19 pada malam grand final.

Setelah membawakan dua lagu, presenter Boy William mencegat Virzha. Pria yang merupakan mantan kontestan Indonesian Idol itu diajak ngobrol dulu. Para juri menjadikan musisi gondrong itu sebagai contoh nyata. Bahwa mimpi bisa terwujud jika kita bekerja keras. ’’Dulu ia mengidolakan Ahmad Dhani, sekarang tampil sepanggung sama Dhani,’’ cerita Anang Hermansyah. 

BACA JUGA: Salma Borong Standing Ovation di Grand Final Indonesian Idol

Virzha kemudian berbagi alasan, mengapa ia mau menerima tawaran menjadi vokalis Dewa 19. Padahal namanya sendiri sudah cukup besar di permusikan Indonesia. ’’Berkarier itu bisa di mana aja, enggak ada batasannya. Entah itu bareng Dewa 19 ataupun solo,’’ tutur Virzha.

Penampilan ini sekaligus menjadi ajang reuni Ahmad Dhani dengan Indonesian Idol. Ia pernah menjadi juri ajang itu pada 2012 hingga 2014. Dhani bercanda, kini ia tidak begitu mengikuti Indonesian Idol. Karena ia tak lagi jadi juri. ’’Rasanya senang bisa di panggung ini lagi buat naikin rating Indonesia Idol,’’ ucapnya, lantas tersenyum tipis.

BACA JUGA: Penampilan Nabilah di Grand Final Indonesian Idol Tuai Pujian Rossa: Opening yang Indah

Kontan saja hal itu membuat para juri heboh. ’’Tetep aja sombong. Tapi kalau gak sombong ya bukan Ahmad Dhani namanya,’’ teriak Anang. Celetukan Dhani dan tanggapan juri menunjukkan kedekatan hubungan para musisi top Indonesia tersebut.

Kemudian, Boy William mengundang kedua grand finalist, Salma dan Nabilah naik ke panggung. Ia memperkenalkan mereka kepada Dhani. Juga menantang mereka bermain game tebak lagu. ’’Ingin tahu, penyanyi-penyanyi generasi baru ini dengerin lagu legendaris Dewa, nggak sih,’’ kata Boy William.


AHMAD DHANI (kanan) mengiringi Salma dan Nabilah bermain tebak lagu dalam grand final Indonesian Idol 12, Senin, 15 Mei 2023.-Instagram Indonesian Idol-

Dhani memainkan intro salah satu lagunya yang dirilis pada 2004. Itu berarti, Salma baru berusia dua tahun, dan Nabilah belum lahir. Salma seperti lupa judulnya. Namu, dia dengan cepat menangkap lirik bagian chorus. ’’Hadapi Dengan Senyuman,’’ kata Salma. Lagu kedua, berjudul Satu, juga ditebak oleh Salma. ’’Ayo Nabilah, kamu pasti bisa,’’ Boy menyemangati. 

Sampai akhirnya, Dhani memainkan intro lagu Pupus. Yang merupakan anthem-nya orang-orang galau. Kali ini, Nabilah berhasil menjawab. Sesi game singkat itu pun menjadi ajang karaokean satu studio. Semua yang hadir sangat menikmati karaoke dadakan bersama Nabilah dan Salma. Bahkan para juri ikut bernyanyi bersama.

Segmen itu diakhiri dengan lagu Aku Cinta Kau dan Dia versi kedua grand finalist. Ahmad Dhani menyeletuk, ’’Ada yang nangis kalau nyanyi lagu ini, karena dia lagi mengalaminya,'’ Tentu, kata-katanya mengundang rasa penasaran. Judika menimpali dengan menunjuk Rossa, langsung membuat Ahmad Dhani tertawa.

Ajang karaoke singkat itu dilanjutkan menutup segmen Dewa 19 di panggung Indonesian Idol musim 12. Rossa naik ke atas panggung untuk bergabung dengan Nabilah dan Salma menyanyikan lagu tersebut. Seru banget. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: