Takluk 3-0 dari Tiongkok, Piala Sudirman Gagal Pulang ke Indonesia

Takluk 3-0 dari Tiongkok, Piala Sudirman Gagal Pulang ke Indonesia

Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Shi Yu Qi di pertandingan Indonesia vs Tiongkok pada Jumat, 16 Mei-PBSI-

Gagal lagi. Piala Sudirman tak kunjung kembali lagi ke ibu pertiwi selama 34 tahun. Pada Piala Sudirman 2023 ini Tim Merah Putih terhenti di perempat final. Mereka terhempas 3-0 oleh Tiongkok pada Jumat, 19 Mei, di Suzhou Olympic Sports Centre.

 

Dalam pertandingan itu Indonesia menurunkan pasangan kejutan dengan menggandeng Rinov Rivaldy/Gloria Emanuelle Widjaja. Mereka sempat memberi harapan dengan mengamankan gim pertama melawan Zheng Siwei/Huang Ya Qiong. Sayangnya, harapan itu sirna setelah Rinov/Gloria kalah rubber game 13-21, 23-21, 21-11.

 

Anthony Sinisuka Ginting juga tidak bisa berbuat banyak menghadapi rivalnya, Shi Yu Qi. Dalam pertandingan yang berlangsung 49 menit itu, Ginting harus mengakui keunggulan Shi Yu Qi 22-20, 21-14. Ini menjadi kekalahan kedelapan Ginting dari sembilan pertemuan dengan Shi Yu Qi.

 

Tampil di partai ketiga dengan posisi tertinggal 2-0 menjadi beban berat bagi Gregoria Mariska Tunjung. Ia tak kuasa melawan Chen Yu Fei dan berakhir dengan kekalahan 22-20, 21-12. Hasil ini memperpanjang rekor kekalahan Gregoria dari Chen Yu Fei dengan 7-2.

 

“Saat masuk lapangan, sebenarnya saya tidak memikirkan soal Indonesia yang ketinggalan 0-2. Kita tahu China itu bukan lawan yang enteng. Masing-masing sektor sudah berjuang. Saat saya turun main pun, saya ingin sumbang poin,” kata Gregoria kepada Tim Humas PP PBSI.

 

Dengan kemenangan itu, Tiongkok akan menghadapi Jepang di semifinal pada Sabtu, 20 Mei. Sebelumnya Jepang unggul 3-2 dari Thailand. Di pul yang lain, Korea Selatan menumbangkan Taiwan 3-1. Kemenangan itu membuat mereka berhadapan dengan Malaysia, yang mengalahkan Denmark 3-1.

 

Manajer Tim Indonesia Armand Darmadji, ia berharap para pemain bisa bangkit. Sebab, kejuaran-kejuaraan besar menanti. Mereka memasuki fase Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.  “Kepala harus tetap tegak dan kegagalan ini jangan selalu jadi beban. Meskipun belum berhasil, saya sebagai manajer tim tetap bangga,” ujarnya.

 

Dalam sejarah Piala Sudirman hanya tiga negara yang pernah menjadi juara.  Indonesia terakhir kali meraih gelar pada Piala Sudirman 1989 yang menjadi edisi pertama. Setelah itu Tiongkok mendominasi dengan 12 kali juara dan Korea Selatan 4 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: