Selamat Datang Kembali ke Serie A, Genoa Pesta Pora

Selamat Datang Kembali ke Serie A, Genoa Pesta Pora

Genoa usai mengalahkan Bari dengan skor 4-3 tadi malam, 20 Mei 2023..-Genoa CFC-

HARIAN DISWAY - Bagi Genoa, ini merupakan kali ke-56 mereka berhasil kembali tampil di kasta teratas Liga Italia, setelah terakhir kali berkompetisi di Serie A pada musim 2021/22 lalu.

Usai mengalahkan Ascoli dengan skor 1-2 di pekan ke-36, Genoa memastikan tiket promosi ke Serie A musim depan. Bari FC, pesaing terdekat mereka, harus rela tidak bisa mengejar poin Genoa FC karena ditahan imbang 1-1 di kandang Modena. Genoa juga mengalahkan Bari dengan skor 4-3 tadi malam, Sabtu 20 Mei 2023.

Sampai akhir musim Serie B 2022/23, Genoa finis di peringkat kedua dalam klasemen, sementara Bari FC (peringkat ketiga) harus melakoni playoff untuk merebut satu tiket promosi tersisa.

BACA JUGA:Meneladani Etos Kerja Jepang dari Sho Yamamoto

BACA JUGA:Erick Thohir Cari Direktur Teknik PSSI dari Jerman, Gantikan Posisi Indra Sjafri

Dibalik keberhasilan promosi Genoa ke Serie A musim 2023/24, ada sosok Alberto Gilardino. Sebagai pelatih kepala "I Rossoblu," dia langsung mendapat perhatian dari banyak pengamat sepakbola Italia.

Meski berstatus sebagai pelatih pengganti, Gilardino mampu membawa Genoa tampil konsisten hingga merangsek ke papan atas klasemen Serie B musim 2022/23. Dari total 22 pertandingan bersama Genoa, Gilardino hanya mengalami dua kekalahan, enam hasil imbang, dan 14 kemenangan.


Perayaan Genoa kembali ke Serie A.-Genoa CFC-

Legenda Italia, Alberto Gilardino sebelumnya adalah pelatih tim muda Genoa U-19 yang dipromosikan ke tim utama Genoa. Gilardino menggantikan Alexander Blessi yang dipecat pada 6 Desember lalu.

Blessi hanya meraih dua kemenangan dari tujuh pertandingan terakhirnya di Serie B dan membuat Genoa berada di posisi kelima. Sejak Gilardino mengambil alih pada Desember 2022, Genoa bangkit dari masa-masa sulit.

Selama ditangani oleh Gilardino dalam 22 pertandingan Serie B musim 2022-2023, secara statistik skuad Il Grifone memiliki rata-rata 2,29 poin per laga.

Fakta lainnya, Grifone (julukan Genoa) berhasil promosi ke Serie A meski sempat mendapat sanksi dari FIGC dengan pengurangan satu poin karena keterlambatan pembayaran pajak dan kontribusi lainnya.

Manajemen Genoa FC belum memutuskan siapa yang akan menjadi pelatih Genoa FC musim depan, dan kontrak Gilardino sendiri hanya berlaku hingga 30 Juni 2023. Namun, dengan pencapaiannya untuk klub, kemungkinan besar akan ada kontrak baru yang segera direalisasikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: