Catatan Musik Dewa 19 A Night at the Orchestra: Cara Asyik (dan Kasual) Menikmati Orkestra

Catatan Musik Dewa 19 A Night at the Orchestra: Cara Asyik (dan Kasual) Menikmati Orkestra

PIMPINAN Indonesian Philharmonic Orchestra, Ahmad Dhani tampil dalam konser Dewa 19 A Night at the Orchestra di Convention Hall Grand City, Surabaya, Jumat, 19 Mei 2023. -Instagram Dewa19-

Oleh:
Retna Christa
Wartawan Harian Disway

Demi mengakrabkan masyarakat Indonesia dengan orkestra, Dewa 19 menggeber show spesial. Yakni, Dewa 19 A Night at the Orchestra. Akhir pekan lalu, pementasan tersebut mampir di Surabaya. Dengan tiket dijual lebih mahal dari konser biasa, venue tetap full. Bagaimana suasananya?

’’SYARAT sebuah kota bisa maju, ya kalau masyarakatnya suka nonton orkestra.’’ Itulah kata-kata Ahmad Dhani dalam konferensi pers Dewa 19 A Night at the Orchestra di Jakarta, 11 April lalu. ’’Manusia kalau IQ-nya sudah di atas 90 itu sudah butuh makanan jiwa. Jadi, orkestra itu adalah makanan jiwa,’’ lanjut frontman Dewa 19 tersebut.

Menurut Dhani, Jakarta sebagai kota terbesar dan termaju di Indonesia, sudah siap menerima sajian orkestra. Itulah sebabnya, mulai tahun lalu, ia menggelar Dewa 19 A Night at the Orchestra. Episode pertama digelar di Balai Sarbini, pada November. Dan yang kedua di Jakarta International Velodrome, sebulan kemudian.

Tahun ini, event tersebut mulai menyapa fans di luar kota. Chapter 3 digelar di Grand City Convention Hall, 19-20 Mei 2023 lalu. Sedangkan chapter 4 di Solo, pada Sabtu, 27 Mei 2023 mendatang. ’’Saya kira kota-kota lain juga sudah siap mencicipi sajian orkestra. Tentunya orkestra versi saya, ya,’’ kata Dhani.

Seperti apa orkestra versi Dhani?


AHMAD DHANI menjadi konduktor dalam segmen pembuka konser Dewa 19 A Night at the Orchestra di Convention Hall Grand City, Surabaya, Jumat, 19 Mei 2023.-Julian Romadhon-Harian Disway-

Kalau bicara soal orkestra, ini adalah event musik semiformal. Lebih formal daripada kondangan, tapi lebih santai daripada black tie events. Opera, misalnya. Atau gala dinner.

Maka, sejak jauh hari, promotor Redline Kreasindo sudah memberikan panduan menonton Dewa 19 A Night at the Orchestra. Misalnya, mengenakan pakaian formal. Datang tepat waktu. Tidak membawa makanan dan minuman. Hingga tidak ngobrol selama pementasan.

Saya menonton pada Jumat, 19 Mei 2023. Senang banget melihat para penonton—yang biasanya mengenakan t-shirt dan celana jins—tampil rapi. Yang perempuan mengenakan cocktail dress dipadu heels. Sedangkan yang pria memakai setelan jas atau batik. Tak sedikit yang berdasi. Sepatu kulit dan pantofel jadi pilihan alas kaki. Bahkan para wartawan pun memakai baju resmi.


BALADEWA dan Baladewi mengenakan pakaian formal saat menonton Dewa 19 A Night at the Orchestra, 19 Mei 2023.-Retna Christa-Harian Disway-

Begitu memasuki lobi Convention Hall Grand City, pengunjung disambut galeri berkarpet merah. Foto-foto perjalanan karier Dewa 19 dengan bingkai emas berukir terpajang di sisi-sisi dindingnya. Para penonton—yang bajunya cakep-cakep itu—menikmati ekshibisi mungil tersebut, sembari berfoto-foto. Vibes-nya bukan konser band rock banget.

Ketika memasuki venue, terlihat ada tribun. Hall di Grand City aslinya tidak bertribun. Tapi tribun memang diperlukan buat orkestra. Terlihat sekali penyelenggara bekerja keras membuat event ini memiliki standar orkestra.

Membanyol dan Karaoke Bareng

Gara-gara kemasan event-nya yang classy, pada awal konser, pengunjung bersikap sebagaimana layaknya menonton orkestra. Duduk manis menatap panggung, dan sesekali bertepuk tangan sopan. Tak terdengar suara fans yang turut menyanyi. Apalagi berlompatan mengikuti irama musik rock. Suguhan Indonesian Philharmonic Orchestra yang indah dan grande rasanya tak boleh dikotori dengan aksi jingkrak-jingkrak. 

Apalagi, untuk nomor pembuka, Ahmad Dhani menghadirkan tiga instrumentalia klasik. Yakni Bohemian Rhapsody gubahan Freddie Mercury, Vocalise ciptaan Sergei Rachmaninoff, serta Bolero milik Maurice Ravel. Setelah itu pun, Ardhito Pramono membawakan lagu-lagu Dewa 19 dalam nuansa jazzy yang berkelas. Nuansa formal masih sangat terasa di dalam ruangan.

Waktu Mulan Jameela tampil pun, nuansa megah masih terasa. Dia membawakan tiga lagunya, Makhluk Tuhan Paling Sexy, Wonder Woman, dan Cinta Mati 3 dengan iringan full orchestra. Dia juga menyanyikan salah satu hit Kate Bush, The Man With The Child In His Eyes. Serta Woman in Love milik Barbra Streisand. Berduet dengan Virzha, istri Ahmad Dhani itu juga membawakan Biar Menjadi Kenangan.


AHMAD DHANI mengiringi Virzha dalam konser Dewa 19 A Night at the Orchestra, 19 Mei 2023.-Julian Romadhon-Harian Disway-

Nah, suasana jadi lebih cair ketika Virzha mulai naik panggung. Penyanyi additional Dewa 19 itu tak ragu mengajak audiens menyanyi bersama sejak lagu pertama, Roman Picisan. Ia bahkan mengajak fans mengiringi tepuk tangan pada bagian ’’Malam-malamku bagai malam seribu bintang / Yang terbentang di angkasa bila kau di sini…’’

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: