Heboh KDRT Balqis dari Kapolda sampai Menko

Heboh KDRT Balqis  dari Kapolda sampai Menko

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan bahwa kasus KDRT suami bernama Bani dan istri bernama Putri Balqis dilakukan penangguhan penahanan. -Foto/Dok/Andrew Tito-

KDRT Bani Idham Fitriyanto Bayumi terhadap istri, Putri Balqis, di Depok, terheboh. Sampai-sampai, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto ditelepon Menko Polhukam Mahfud MD. Lalu, Kapolda telepon Kapolres Depok Kombes Ahmad Fuady. Akhirnya, korban Balqis dikeluarkan dari tahanan polres.

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Karyoto mengunjungi Mapolres Depok, Kamis, 25 Mei 2023. 

Kepada pers, ia mengatakan, ”Bapak Menko Polhukam sempat menelepon saya, coba diberikan atensi kami. Apalagi kalau ada keluhan masyarakat.”

Maka, Kapolda minta penjelasan Kapolres Depok Kombes Ahmad Fuady soal detail kasus itu. Akhirnya, Balqis, korban KDRT sang suami, dilepas dari tahanan Mapolres Depok setelah mendekam dua hari di situ dan jatuh sakit dilarikan ke IGD rumah sakit.

Karyoto: ”Apalagi kalau Menko Polhukam sudah menanyakan ke saya, menjadi atensi beliau. Maka, perkara ini sementara ditangguhkan, menunggu para pihak yang masih sakit.”

Dilanjut: ”Kami mengharapkan mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran buat penyidik lain. Kalau menangani perkara harus benar-benar berimbang. Kalau ada dua laporan, ya dua-duanya. Kalau memang terpenuhinya unsur perbuatan pidana, ya harus berimbang.”

Pungkasnya: ”Artinya, di kedua pihak sementara, suami yang melaporkan istri dan istri melaporkan suami, sama-sama tidak ditahan. Memang kondisinya sebenarnya di kedua belah pihak ini suami istri. Dua-duanya bisa dilakukan penahanan.”

Perkara yang semula sepele itu jadi membesar setelah diunggah dan disebar warganet di medsos. Sebab, mata Balqis dilumuri bubuk sambal oleh Bani, kemudian Balqis membalas, meremas penis suami. Akhirnya, Balqis ditahan. Sebaliknya, Bani bebas.

Alhasil, heboh di medsos. Ada warganet mengunggah begini: ”Pak Listyo Sigit, kok begini Polres Depok? Atas dasar apa pak, mereka menahan korban dan menjadikannya tersangka? Saya yakin bapak lebih bijak dalam mendidik anak buahnya jika ada kesalahan, cukup ditegur saja pak dan dimutasi ke kutub utara oknum yang terlibatnya.”

Unggahan itu kasar, menghebohkan. Menyebut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mungkin, karena itulah Prof Mahfud kemudian menelepon Kapolda Metro Jaya.

Bani dan Balqis menikah pada 2009, sudah dikaruniai tiga anak. Bani asal Lombok, NTB. Balqis asal Depok, Jabar. Mereka pernah mukim di Palembang, Sumatera Selatan. Kini tinggal di Cinere, Depok. Warganet menyebut Bani punya SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) di Depok.

Minggu, 26 Februari 2023, Bani-Balqis cekcok keras. Bani menyiram mata Balqis dengan bubuk sambal. Dibalas Balqis dengan meremas penis Bani. Adik Balqis yang bernama Sahara Hanum menulis di medsos, Balqis dianiaya parah.

Kemudian, Balqis lapor ke Polres Depok. Tak lama, Bani juga lapor ke Polres Depok. Pihak polres berusaha mendamaikan. Namun, di pertemuan perdamaian, Balqis tidak hadir.

Dalam proses pemeriksaan, Balqis cuma hadir sekali, dalam pertemuan kedua. Selebihnya dia tidak hadir. Pihak Polres Depok menawarkan restorative justice atau damai. Tapi, Balqis tidak pernah hadir dalam pertemuan perdamaian.

Sumber: