Sajian Menu Makanan Jemaah Begitu Ketat, Begini Prosesnya!

Sajian Menu Makanan Jemaah Begitu Ketat, Begini Prosesnya!

Tim KKP Kelas 1 Surabaya, cek kelembapan suhu di area dapur, di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat, 26 Mei 2023-Eko Setyawan-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya, rutin menjaga menu makanan untuk para calon jamaah haji (CJH) Jatim di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

 

Mereka melakukan pengawasan terhadap menu makanan yang hendak disajikan bagi CJH. Bahkan, seluruh akses penyedia dan penyiapan bahan makanan bagi jemaah pun, dipastikan oleh tim. Sampai kondisi siap konsumsi dengan baik. 

 

Pengawasan dilakukan mulai dari bahan baku yang digunakan, pengolahan, hingga menu makanan yang siap untuk konsumsi CJH.

 

"Baik terhadap menu makanan pagi, siang dan malam, setiap hari dilakukan pengawasan dan pemeriksaan," ujar Sub Koordinator Sanitasi dan Dampak Lingkungan KKP Kelas 1 Surabaya Siswanto, Jumat, 26 Mei 2023.

BACA JUGA:Kemenag Semprot Saudia Airlines; Pesawat Delay, Jamaah Kelaparan

BACA JUGA:Ekonomi Rasa Eksekutif, Penampakan Kursi Baru Gerbong Ekonomi Yang Dirombak KAI

Kegiatan pemeriksaan terhadap menu makanan dengan metode organoleptik. Yakni upaya untuk memastikan makanan tidak basi, yang bisa mendeteksi bau, tekstur, dan rasa dari suatu menu makanan.

 

"Petugas secara rutin, akan melakukan pengawasan setiap dua jam sebelum disajikan kepada jemaah," terang Siswanto.

 

Pengawasan menu makanan dilakukan dengan pengambilan dua sampel makanan: satu disimpan di bank sampel dalam freezer box, dan satu lagi dibawa ke laboratorium kesehatan. Prosesnya begitu panjang, termasuk pengawasan di area dapur dan fasilitas di seluruh asrama.

BACA JUGA:13 Ruas Tol Baru Beroperasi Akhir 2023

BACA JUGA:Wow! TikTok Mulai Ganggu Pasar Shopee dan Lazada di Asean, Setahun Naik Empat Kali Lipat

Siswanto melanjutkan, pengawasan dilakukan terutapa pada sanitasi makanan. Beberapa hal yang diperiksa misalnya pencahayaan, kebersihan, dan suhu ruang.

 

"Dari semua variabel itulah, untuk mengukur pemenuhan syarat terbaiknya. Termasuk juga alat masaknya, juga dilakukan pemeriksaan," tandas Siswanto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: