Mahasiswa Ilkom UNTAG Bantu Branding UMKM Lewat Tugas Akhir

Mahasiswa Ilkom UNTAG Bantu Branding UMKM Lewat Tugas Akhir

Undangan workshop melihat desain kemasan sarung yang dilombakan-Pace Morris - Harian Disway -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Surabaya mengadakan workshop dan Exhibition Contest. Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Cleo, Jemursari-Surabaya, Minggu, 28 Mei 2023.

 

Ketua panitia, Arya Firman Satriawan menjelaskan, kegiatan itu sebetulnya adalah tugas akhir semester empat. Mata kuliah Merting Incentive Convention and Exhibition (MICE).

 

“Matakuliahnya itu praktikum. Praktikumnya itu bikin event seperti ini. Karena ini tugas kuliah, jadi ya panitianya adalah seluruh mahasiswa ilmu komunikasi yang di semester empat,” ujar Arya kepada Harian Disway saat ditemui disela-sela acara.

 

Acara intinya adalah workshop dengan tema Omzet Meningkat dengan Fundamental Branding yang Kuat. Praktisi branding Prasetyo Adi didapuk sebagai pemateri. 

 

“Beliau memiliki agensi konsultasi branding, yang sudah meng-handle ratusan branding pelaku usaha,” papar Arya. Untuk audience workshop, Arya dan rekan-rekannya mengambil para pelaku usaha UMKM dari Surabaya. 

 

BACA JUGA:Suasana Pemakaman Sarwono Kusumaatmadja, Patriot Bangsa Penyelamat Lingkungan

BACA JUGA:1000 Anak Antusias Ikuti Kompetisi Permainan Tradisional Elingpiade di Kota Pasuruan

 

Arya menilai, sejauh ini kebanyakan pelaku usaha hanya terfokus sekedar berjualan atau produksi. Mereka tidak terlalu memikirkan bagaimana cara agar produknya bisa berlembang. Utamanya dari segi pemasaran. Mereka tak sadar bahwa branding adalah salah satu aset usaha yang sangat penting.

 

Untuk itu ia berharap, workshop yang digagas oleh timnya bisa menjadi wadah belajar. Sehingga usaha-usaha lokal Surabaya bisa semakin maju. Dan ekonomi masyarakat makin membaik.

 

Branding tidak terlepas pada desain kemasan. Arya dan kawan-kawan juga mengadakan sayembara desain kemasan sarung. Lomba itu diikuti oleh 15 peserta. 

“Kita juga ada pameran desain. Tujuannya untuk pelaku usaha yang masih kebingungan mencari desain buat produknya. Di pameran itu juga dipajang 5 besar sayembara desain kemasan sarung,” ungkapnya.

 

Pada hari yang sama, diumumkan pula pememang lomba. Untuk juara satu diraih oleh Tegar Puji Bachtiar, disusul Muhammad Ferdyan, dan juara ketiga Karuniawan Eka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: