Suasana Pemakaman Sarwono Kusumaatmadja, Patriot Bangsa Penyelamat Lingkungan

Suasana Pemakaman Sarwono Kusumaatmadja, Patriot Bangsa Penyelamat Lingkungan

Jenazah Sarwono Kusumaatmadja tiba di San Diego Hills, Karawang, Minggu 29 Mei 2023-Kementerian LHK-

KARAWANG, HARIAN DISWAY - Mantan Menteri Lingkungan Hidup era Presiden Soeharto Sarwono Kusumaatmadja dimakamkan dengan upacara kenegaraan di komplek pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat pada Minggu, 28 Mei 2023. 

Sarwono meninggal di RS Adventist Penang, Malaysia pada Jumat sore, 26 Mei 2023 lalu. Jenazah Almarhum lantas diterbangkan ke Jakarta keesokan harinya yakni sabtu 27 Mei 2023 untuk kemudian disemayamkan di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta. 

Sebelum dikebumikan di kompleks pemakaman San Diego Hills Karawang, jenazah Sarwono terlebih dahulu ditempatkan di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

BACA JUGA:1000 Anak Antusias Ikuti Kompetisi Permainan Tradisional Elingpiade di Kota Pasuruan

BACA JUGA:Selain untuk Prestasi, Olahraga Juga Sarana Pemersatu  


Jenazah Sarwono Kusumaatmadja diberangkatkan dari rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan-Kementerian LHK-

Upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. Ia menuturkan, kepergian salah satu putera terbaik bangsa itu cukup mendadak. 

Pasalnya, Siti baru saja menjenguk Sarwono sehari sebelum meninggal yakni pada Kamis sampai Jumat siang. “Tidak lama setelah Kembali ke Jakarta, kami menerima kabar duka dari keluarga almarhum, bahwa Ir. Sarwono Kusumaatmadja telah meninggal dunia,” tuturnya.  

Siti menyambut kedatangan jenazah di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu 27  Mei sore. Prosesi serah terima jenazah dilakukan oleh pihak Kementerian Luar Negeri kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Negara kemudian menyerahkan jenazah almarhum ke keluarga dan Menteri Siti mengantar jenazah dari bandara hingga ke rumah duka di Jl. Balitung III, Jakarta Selatan. 


Jenazah Sarwono Kusumaatmadja diberangkatkan dari Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Minggu 28 Mei 2023-Kementerian LHK-

BACA JUGA:Wisnu Sakti Buana, Sang Loyalis PDI Perjuangan Kota Pahlawan yang Telah Berpulang

BACA JUGA:Mario Bakal Menua di Penjara

Prosesi pemakaman almarhum Ir. Sarwono Kusumaatmadja, mulai dari rumah duka, segala prosesnya mengikuti protokol kenegaraan. Negara menugaskan kepada Menteri LHK atas nama pemerintah untuk menerima pelepasan jenazah dari keluarga kepada pemerintah dan bertindak sebagai inspektur upacara di rumah duka pada Minggu pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: