Haaland 9 Alien Sendirian

Haaland 9 Alien Sendirian

ERLING Haaland telah mengangkat Man City ke ranah yang berbeda. Bayangkan, kausnya saja terjual setiap 12 detik. Nama dan nomornya yang paling populer sebagai merek besar dari Nike hingga Breitling. Ia juga mendapat tempat di hati anak muda Norwegia.--

PERCAYA atau tidak. Terkadang ada lho pemain bola yang namanya malah melampaui popularitas cabang olahraganya sendiri. Sebuah studi di Universitas Oxford menyebutkan, hanya ada dua sosok yang melampaui popularitas cabang olahraganya. 

Ingat, bukan Pele. Bukan Maradona. Bukan Marco van Basten atau nama-nama legendaris bola dunia. Dua nama itu adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. 

Namun, kini tirai era dominasi keduanya sudah ditutup. Nah, pergeseran ke arah sosok yang lain telah dimulai. Generasi baru. Generasi Z. Erling Haaland mulai menapak. 

Ada nama lain yang sebetulnya layak masuk lagi. Kylian Mbappe. Sayang, Mbappe sepertinya salah langkah. Ia meracuni jejak prestasinya sendiri. Mbappe memilih terlibat dalam keputusan manajerial Paris Saint-Germain. Ia gagal fokus di sepak bola secara utuh. 

Bandingkan dengan Haaland yang mencetak 52 gol. Jumlah itu bisa saja bertambah kalau ia mencetak gol di final Piala FA pada Sabtu, 3 Juni 2023, dan final Liga Champions di Istanbul, Turki, Minggu 11 Juni 2023. Mbappe mencetak total 40 gol. 

Saat suporter Manchester City berjuang melewati terminal empat di Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas bulan lalu, mereka disambut oleh nomor 9 mereka.

Lengan disilangkan, menatap langsung ke lensa, Erling Haaland mengenakan jam tangan Breitling mewah di tempat periklanan utama tepat di luar kontrol paspor. Gambar itu tidak mungkin terlewatkan.

Inilah daya tarik yang sekarang dimiliki Haaland. Secara komersial, ia tumbuh menjadi fenomena yang hanya bisa ditandingi sedikit orang. Ada perasaan bahwa ruang itu adalah miliknya dan Kylian Mbappe untuk dekade berikutnya. Sebab itu, agennya, Rafaela Pimenta, merasa nyaman secara terbuka membicarakan prospek memecahkan rekor.

”Erling bernilai EUR 1 miliar,” katanya baru-baru ini. ”Itu bukan tebakan, saya yakin itu. Mereka mungkin mengatakan saya konyol. Bahwa klub tidak akan membayar 1 miliar. Tapi, usianya, kualitasnya, perkembangannya, dan cara dirinya berperilaku adalah mengapa saya berbicara tentang satu miliar.”

Tidak ada klub yang membayar uang yang sangat besar untuk kemampuannya sendiri. Faktor penilaiannya berada dalam citra dan daya tarik sponsornya.

Tidak ada jalan keluar dari fakta bagi City, di dalam dan di luar lapangan.

Juara Liga Premier telah menghabiskan banyak uang untuk mencari bakat selama era Syekh Mansour. Haaland adalah superstar siap pakai pertama yang dibeli sejak Robinho pada 2008, didatangkan pada hari keuangan Abu Dhabi membanjiri.

Dengan itu, semua orang menginginkan bagian musim ini dan City akan membuat jerami.

Orang Norwegia itu baru berusia 23 tahun hingga bulan depan. Ia telah menandatangani kesepakatan jutaan pounds dengan produsen sepatu Nike. Sepatu itu hampir selalu digunakan untuk pemotretan komersial. Sebab, itulah yang diinginkan mitranya. Haaland dan Jack Grealish.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: