Urutan Skincare Wajah yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehat

Urutan Skincare Wajah yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehat

Ilustrasi kulit wajah yang sehat-google-Healthline

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bagaimana urutan skincare yang tepat untuk kesehatan kulit wajah? Perlu dipahami kebutuhan perawatan kulit atau skincare bukan lagi untuk estetika kecantikan. Semua membutuhkannya untuk menjaga kesehatan kulit.

 

Perawatan rutin dapat mengatasi sekaligus mencegah jerawat, kulit kusam, dan permasalahan kesehatan kulit lainnya. Coba ikuti langkah-langkah skincare berikut ini:

 

 

1) Pembersihan Wajah 

Proses pertama ini sangat penting, khususnya jika Anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan atau memakai makeup. Debu dan polusi dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Pertama, bersihkan wajah dengan micellar water atau make-up remover jika Anda pengguna make-up. Tuangkan beberapa tetes di atas kapas lalu usap pada wajah dengan lembut.


Setelah itu Anda bisa lanjutkan dengan sabun cuci muka. Gunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit baik itu facial foam, cleansing gel, atau gel scrub. Usapkan pada wajah secara halus, bilas hingga bersih, dan keringkan dengan tisu bersih.

 


Ilsutrasi menggunakan toner-youtube-allison baek

 

2) Penggunaan Toner

Langkah kedua ini sering dilupakan, lho! Penggunaan toner bertujuan untuk menghidrasi dan menyeimbangkan pH kulit. Potential Hydrogen (pH) merupakan kadar keasaman pada kulit yang berubah keseimbangannya setelah mencuci wajah. Sebelum menggunakan toner, pastikan kulit sudah dalam keadaan kering dan telapak tangan yang bersih, ya.

 

Tuang beberapa tetes toner di atas telapak tangan sesuai anjuran kemasan. Usap dan tepuk-tepukkan secara halus pada kulit wajah. Tunggulah hingga menyerap ke dalam kulit sebelum melanjutkan tahap berikutnya.

 


Proses penggunaan serum-google-garnier india

 

3) Penggunaan Booster

Booster berfungsi untuk menambah nutrisi kulit. Bentuknya pun beragam mulai dari cair seperti ampoule, kental seperti serum, dan gel. Sesuaikan kandungan booster dengan kebutuhan kulit Anda. Misal untuk mencerahkan kulit kusam, gunakan booster yang mengandung vitamin C atau Niacinamide. Atau untuk menenangkan iritasi kulit seperti jerawat, gunakan booster yang mengandung Cica.

 

Cara pakainya tidak jauh berbeda dengan toner. Teteskan dengan jumlah sesuai anjuran kemasan di atas telapak tangan. Oleskan pada wajah secara merata dan tepuk secara perlahan. Biarkan beberapa waktu hingga produk benar-benar meresap dalam kulit.

 


Ilustrasi penggunaan pelembab-google-skincare

 

4) Penggunaan Pelembab

Setelah menggunakan booster, lanjutkan dengan pelembab/moisturizer. Tidak sedikit pemilik tipe kulit oily enggan menggunakan moisturizer dengan alasan takut semakin berminyak. Padahal itu salah, moisturizer berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak pada kulit sehingga tidak berlebihan atau kekurangan.

 

Ada dua jenis pelembab yang banyak beredar yaitu gel dan krim. Gunakan produk pelembab berbentuk gel jika kulit Anda tipe berminyak. Gunakan produk krim jika kulit termasuk dalam tipe kering. Ratakan pelembab keseluruh bagian wajah hingga meresap dengan sempurna.

 


Ilustrasi penggunaan Spot Treatment-google-bebeautiful

 

5) Penggunaan Tabir Surya/Sunscreen

Penggunaan sunscreen sangat disarankan saat Anda hendak keluar dan terpapar langsung dengan sinar matahari. Ada berbagai jenis tabir surya dengan tingkat SPF (Sun Protection Factor) yang berbeda. Anda tidak perlu menutup rangkaian skincare dengan tabir surya pada malam hari.


Ilustrasi sunscreen-Unsplash/ Onela Ymeri-Unsplash/ Onela Ymeri

 

6) Langkah Opsional: Spot Treatment

Seperti artinya yaitu perawatan pada area tertentu. Biasanya hanya dilakukan pada area yang sedang berjerawat atau area yang gelap karena bekas jerawat. Spot treatment umumnya produk yang berbentuk gel oles. Penggunaannya setelah toner dan sebelum booster. Oleskan pada jari dengan jumlah secukupnya dan usap pada area yang membutuhkan perawatan saja.

 

Itulah urutan skincare yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal, ya! (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc