Skin Barrier Kamu Rusak? Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Atasi Permasalahan Kulit Wajah

Skin Barrier Kamu Rusak? Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Atasi Permasalahan Kulit Wajah

BRUNTUSAN atau jerawat kecil-kecil menjadi salah satu tanda skin barrier Anda rusak.-Demure Beauty-

SURABAYA, Harian DiswaySkin barrier belakangan menjadi perhatian berbagai produsen skin care. Wajar, sih. Sebab masalah ini makin sering dialami pemakai skin care karena beberapa alasan. Misalnya, tidak cocok dengan bahan aktifnya, terlalu sering melakukan eksfoliasi, dan sebagainya. Padahal, jika Skin barrier rusak, sulit memperbaikinya.

Ada beberapa ciri Skin barrier rusak. Antara lain, kulit wajah terasa kering dan dehidrasi, gatal, mengelupas, dan kasar. Bisa juga mengalami iritasi, warnanya menggelap atau kemerahan, dan penyembuhan luka (misalnya dari bekas jerawat) jadi lebih lama dari biasa.

Tapi, jika Skin barrier rusak, bukan berarti tidak bisa diperbaiki ya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan Skin barrier. Tentunya harus dilakukan secara rutin dan sabar. Berikut di antaranya.   

Kembali Menggunakan Basic skin care


SKIN CARE dasar untuk memperbaiki skin barrier hanya terdiri dari sabun cuci muka, pelembab, dan tabir surya.-Wikihow-

Menggunakan banyak produk skin care tidak menjamin kulit wajah akan sehat secara alami. Khususnya, pada kulit sensitif. Pilihlah produk-produk yang sesuai dengan jenis kulit. Dan jangan berganti-ganti. Tak perlu tergiur pada produk yang viral atau banyak mendapat review positif dari influencer. Sebab itu belum tentu cocok untuk Anda. Pakailah produk-produk yang sebelumnya sudah cocok dan tidak menambah permasalahan kulit.

Nah, jika skin barrier terlanjur rusak, yang pertama Anda harus lakukan adalah kembali ke skin care dasar. Yakni sabun cuci muka, pelembab (moisturizer), dan tabir surya (sun screen). Sudah itu saja. Pilih yang bahan-bahannya alami, serta berfungsi untuk menenangkan kulit wajah.

Perbaiki Pola Makan dan Tidur
Jangan begadang! Biarkan kulit wajah juga ikut beristirahat. Agar hasil perawatan skin care pada malam hari dapat bekerja dengan maksimal.

Jangan Makan Sembarangan
Jaga makanan yang akan dikonsumsi. Hindari makanan-makanan berminyak. Dan perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Cukupi juga kebutuhan air putih per hari. Minimal dua liter. Tidak boleh ditawar.

Hindari Eksfoliasi dengan Produk Bertekstur
Jangan eksfoliasi dulu, ya. Apalagi menggunakan produk dengan tekstur yang kasar. Seperti scrub, atau alat-alat eksfoliasi lainnya.

Lakukan Skin Cycling
Jika kondisi wajah sudah membaik, kita bisa memperkuat skin barrier dengan cara Skin Cycling. Apa itu? Skin Cycling adalah cara super simpel untuk menjaga kulit saat malam. Rotasi dimulai dengan eksfoliasi pada malam pertama. Malam kedua, gunakan serum yang mengandung Retinol. Malam ketiga dan keempat difungsikan untuk recovery. Jadi, gunakan produk yang berfungsi menghidrasi dan memperkuat skin barrier. Esoknya, ulang dari langkah pertama.

Itu dia cara mengatasi permasalahan skin barrier. Jaga kesehatan kulit dengan menggunakan produk-produk yang aman, ya! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: