Dekan Fikom Unitomo Terpilih Menjadi Peserta IVLP di Amerika Serikat

Dekan Fikom Unitomo Terpilih Menjadi Peserta IVLP di Amerika Serikat

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo (Fikom Unitomo) Surabaya, Dr. Harliantara, Drs., M.Si. (tengah bertopi).-Dokumen Pribadi-

AMERIKA, HARIAN DISWAY- Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo (Fikom Unitomo) Surabaya, Dr. Harliantara, Drs., M.Si. terbang ke Negara Amerika Serikat (AS). Ia akan belajar pelatihan digitalisasi yang dikemas melalui kegiatan Internasional Visitor Leadership Program (IVLP) on Demand Tahun 2023 tentang "U.S. Best Practies in Digital Economy and Governance”. Kegiatan digelar pada tanggal 10-22 Juni 2023.

Dari sekian banyak peserta yang telah mengikuti proses seleksi program IVLP, Harliantara terpilih menjadi peserta IVLP dari kalangan akademisi yang juga merupakan salah satu alumni terbaik DLA (Digital Leadership Academy) Kominfo yang mengikuti Training di Tsinghua University, China tahun 2022.

"Alhamdulillah, tentu saya sangat bersyukur telah terpilih sebagai peserta IVLP untuk menjadi bagian yang memberikan kontribusi dalam pembangunan dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Dekan Fikom Unitomo, Senin 12 Juni 2023.

Menurutnya, peserta yang diterbangkan ke AS, tidak hanya dirinya. Total dari Indonesia ada 10 orang yang terpilih melalui seleksi ketat berdasarkan prestasi. Terdiri dari 2 orang unsur perguruan tinggi, 3 orang dari unsur Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), 5 perwakilan badan usaha milik negara (BUMN).

Harliantara mengatakan, Internasional Visitor Leadership Program U.S Department of State merupakan  program pelatihan profesional yang diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Kegiatan ini merupakan usulan Badan Litbang & SDM Kemenkominfo Republik Indonesia sekaligus yang menjadi Penyelenggara DLA KOMINFO.

Program ini memberikan kesempatan kepada peserta dari berbagai negara untuk mengunjungi Amerika Serikat dan berinteraksi dengan para pemimpin, praktisi, dan ahli di bidang mereka masing-masing.

Menurut Harliantara, tujuan Program IVLP, antara lain meneliti praktik terbaik untuk kepemimpinan dan tata kelola ekonomi digital dari praktisi AS. Bekerja dengan mitra AS untuk mengidentifikasi bidang utama yang dapat dimanfaatkan Indonesia untuk transformasi digital.

"Kemudian memperkuat jaringan AS-Indonesia untuk kepemimpinan digital dan transformasi, dan saling bertukar wawasan ekonomi digital antara Amerika Serikat dan Indonesia,” ujarnya.

Washington DC, merupakan salah satu kota yang akan dikunjungi, para peserta dipertemukan dengan sejumlah pihak guna belajar sistem federalisme dan pemerintahan desentralisasi AS, penggunaan data guna mendukung kebijakan pemerintah pusat dan daerah serta bertukar pikiran dengan lembaga swadaya masyarakat dan akademisi dalam hal penggunaan data dan akses public. Di kota ini pula peserta dapat melihat gedung- gedung pemerintahan seperti Gedung Putih, Gedung Kongres (Capitol Building), Lincoln Memorial,  serta Smithsonian National Museum of Natural History. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: