Bisakah Indonesia Beri Kejutan untuk Argentina? Shin Tae-yong: Biar Pemain yang Tunjukkan

Bisakah Indonesia Beri Kejutan untuk Argentina? Shin Tae-yong: Biar Pemain yang Tunjukkan

Pelatih Shin Tae-yong (dua dari kanan) dan Dimas Drajat (paling kanan) dalam jumpa pers Indonesia vs Argentina pada Minggu, 18 Juni 2023-Ragil Putri Irmalia-

Timnas Indonesia akan menghadapi Argentina pada Senin, 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Menghadapi tim nomor satu sekaligus juara dunia memang tidak akan mudah bagi skuad Garuda. Meski begitu pelatih Shin Tae-yong mengaku ingin memberi kejutan dalam pertandingan ini.

 

“Sejujurnya saya pun ingin memberi kejutan. Tapi bukan saya yang melakukannya. Tetapi para pemain yang akan menunjukkannya di lapangan nanti,” ujar Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers pada Minggu, 18 Juni 2023 itu.

 

Shin Tae-yong memang pernah membuat hal serupa. Saat menangani timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu, ia membawa Son Heung-min dkk mengalahkan Jerman dua gol tanpa balas. Sekaligus membuat sang juara bertahan gagal lolos dari fase grup.

 

Tetapi pengalaman itu tidak serta merta bisa membantu Marselino Ferdinan dkk melawan Argentina. Kualitas timnas Indonesia dan Korea Selatan sendiri pada level yang berbeda.

 

“Tapi waktu itu Korea Selatan ranking 50. Kita, Indonesia, ranking 149. Jadi, ya mungkin akan jadi sulit untuk menang dalam pertandingan ini,” kata pelatih berusia 53 tahun itu.

 

Untuk itu Shin Tae-yong melihat pertandingan ini dalam sisi yang berbeda. Ia ingin timnas Indonesia bisa memetik pelajaran yang berharga menghadapi juara Piala Dunia 2022 itu. “Saya mempersiapkan pertandingan ini agar banyak belajar. Pemain dan sepak bola Indonesia bisa banyak berkembang,” ujarnya.

 

Lebih lanjut Shin Tae-yong mengatakan kondisi pemain dalam keadaan bagus. Kecuali Sandy Walsh yang sedang mengalami cedera. Shin Tae-yong mengaku akan mempersiapkan tim secara maksimal dan memberi perlawanan terbaik melawan Argentina.

 

Dalam FIFA Matchday bulan ini, Indonesia menahan imbang Palestina tanpa gol pada Rabu, 14 Juni di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sementara itu Argentina sukses mengalahkan Australia 2-0 di Beijing, Tiongkok pada Kamis, 15 Juni 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: