Kalah 2-0, Mental Skuad Garuda Teruji

Kalah 2-0, Mental Skuad Garuda Teruji

ASNAWI MANGKUALAM terlibat duel dengan pemain Argentina Nicolas Ivan Gonzales pada FIFA MatchDay di Stadion Gelora Bung Karno, 19 Juni 2023. -Adek Berry-AFP-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Timnas Indonesia memang menelan kekalahan 2-0 dari Argentina. Tidak mengherankan. Indonesia berada di peringkat 149 dunia. Sedangkan lawan tim Garuda adalah nomor satu sekaligus juara Piala Dunia 2022. Tetapi Asnawi Mangkualam dkk tidak kalah dengan memalukan pada Senin, 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui hal tersebut. “Memang permainan Argentina sangat baik. Tapi secara mental, para pemain kami tidak kalah jauh. Saya harap pengalaman seperti ini jadi motivasi untuk semakin berkembang,” ujar Shin Tae-yong usai pertandingan.

Indonesia menampilkan pertahanan yang cukup solid di babak pertama. Kiper Ernando Eri baru kebobolan pada menit ke-38. Pemain Persebaya Surabaya itu tidak mampu menghalau tendangan keras Leandro Paredes dari luar kotak penalti.

BACA JUGA:KPK Siap-Siap Tingkatkan Status Menteri Pertanian

BACA JUGA:Kabar dari Tanah Suci (7): Jinak Merpati di Pelataran Masjidilharam

Begitu juga dengan gol kedua Argentina. La Albiceleste menggandakan keunggulan pada menit ke-55. Sepak pojok Giovani Lo Celso disambut dengan tandukan Christian Romero dengan baik. 

“Secara mental para pemain sangat terlihat berusaha untuk membangkitkan permainan yang saya inginkan. Untuk segi pertahanan sangat baik dengan hanya kebobolan dua gol,” lanjut Shin Tae-yong.

Di tengah gempuran Argentina itu, Indonesia juga sempat beberapa kali membuat peluang emas. Peluang dari Ivar Jenner dan Elkan Baggot berhasil dihalau oleh kiper Emiliano Martinez.

“Kami hanya memiliki beberapa peluang ke gawang lawan. Dalam posisi ini para pemain sudah mengerti dan beradaptasi. Lebih pastinya saya percaya bahwa kami bisa menunjukkan yang terbaik,” kata mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni mengakui performa Indonesia cukup baik. Ia tidak menganggap menang 2-0 dengan Indonesia sebagai hal yang memalukan untuk tim sekelas Argentina.

“Laga seperti yang mereka pikirkan. Pertandingan ini tidak gampang. Ini memang pertandingan yang cukup sulit karena kami tidak memainkan pemain inti. Saya cukup puas dengan performa tim dengan perubahan cuaca di sini,” ujar Scaloni. (Ragil Putri Irmalia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: