Persis vs Persebaya: Kedalaman Skuad Pasukan Aji Santoso Menjanjikan

Persis vs Persebaya: Kedalaman Skuad Pasukan Aji Santoso Menjanjikan

Aksi M. Iqbal di laga persahabatan Persis vs Persebaya. Ia mencetak dua gol yang menjadi awal mula comeback Persebaya.-Official Persebaya-Official Persebaya

Laga persahabatan Persis vs Persebaya di Stadion Manahan Solo, Sabtu 24 Juni 2023 berakhir dengan skor 3-4 untuk kemenangan Green Force.

Persebaya berhasil comeback di laga itu. Sempat tertinggal 3-0 hingga berakhir babak pertama. Gol Persis dicetak oleh Ramadhan Sananta (26'), Fernando Rodriguez (36'), dan Mousa Sidibe (43').

Persebaya sendiri turun dengan mayoritas skuad lapis kedua. Tanpa empat pemain asing yang selama ini menjadi tumpuan, yakni Ze Valente, Paulo Victor, Sho Yamamoto, dan "si anak hilang" Bruno Moreira.

Hanya ada dua pemain asing yang dimainkan di laga itu, yaitu Dusan Stevanovic dan Song Ui-yong. Starting line up Persebaya yang dipasang menghadapi Persis mayoritas pemain yang diproyeksikan sebagai supersub

Yakni di posisi kiper ada Andhika Ramadhani yang selama ini menjadi pelapis kiper utama sekaligus penjaga gawang timnas, Ernando Sutaryadi.

Hanya posisi centre back yang diisi pemain yang diproyeksikan sebagai skuad inti, yakni Dusan Stevanovic dan Kadek Raditya.

Sementara posisi full back diisi pemain pelapis, di kiri ada Rifqy Arya, di kanan ada George Brown. Pun demikian dengan gelandang jangkar, Aji Santoso mempercayakan pada M. Hidayat. 

Di musim ini peran itu kemungkinan bakal banyak dipercayakan pada Ripal Wahyudi. Sementara itu di posisi gelandang serang, dipasang Song dan Denny Setiawan. Posisi Denny Setiawan kemungkinan di musim ini banyak dipercayakan pada Ze Valente.

Song-Denny di laga persahabatan itu dibantu winger Kasim Botan dan M. Iqbal. Di posisi ini biasanya Aji memasang duet Sho Yamamoto dan Bruno Moreira.

Sementara posisi striker dipercayakan pada Wildan Ramdhani. Posisi yang utamanya dipegang oleh striker asing, Paulo Victor.

Meski bermain dengan mayoritas skuad lapis kedua, namun permainan Persebaya masih bisa mengimbangi Persis Solo yang turun dengan skuad utamanya.

Memang, di babak pertama permainan Persebaya kalah dalam penguasaan bola. Sisi tengah Persebaya tak mampu membendung aliran bola pemain Persis. Terutama yang dialirkan Sidibe dan Messidoro.

Sisi kiri Persebaya yang dikawal Rifqy Arya sering tak mampu membendung pergerakan Sidibe maupun Gavin Kwan. Tiga gol yang mengoyak gawang Andhika semuanya berawal dari serangan di sisi kiri pertahanan Persebaya.

Namun di babak kedua, Aji Santoso coba memberikan keseimbangan. Kuncinya ternyata di gelandang bertahan. Hidayat ditarik keluar diganti Ripal Wahyudi. Seketika permainan Persebaya pun berubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: