Mencapai Generasi Indonesia Emas 2045 Lewat Kampung KB Bentukan BKKBN

Mencapai Generasi Indonesia Emas 2045 Lewat Kampung KB Bentukan BKKBN

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meraih penghargaan Satyalancana Wira Karya tahun 2023 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). -BKKBN-

Kampung KB Kokolaka memiliki program-program unggulan, seperti Urban Farming yang membuktikan bahwa pertanian dapat dilakukan di daerah perkotaan. Di sini, cabai rawit menjadi tanaman andalan yang ditanam. Selain itu, terdapat pula Taman Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Program koperasi juga menjadi salah satu fokus Kampung KB Kokolaka. Koperasi Guyub Rukun Sejahtera dan Koperasi SBMI Jatirejo menjadi bentuk nyata dari program ini. Selain itu, terdapat juga program UMKM yang mendukung perekonomian masyarakat dengan adanya 154 UMKM di kampung ini.

Kampung KB Kokolaka juga aktif dalam upaya penurunan stunting dan pengendalian penduduk. Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) dilaksanakan untuk memberikan tambahan makanan kepada balita stunting dan memberikan edukasi kepada orang tua mengenai makanan gizi seimbang.

Pembinaan tumbuh kembang anak, remaja, dan lansia juga menjadi perhatian utama di Kampung KB Kokolaka. Terdapat kelompok kegiatan seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA).

Kampung KB Kokolaka juga menjaga akses air bersih dan sanitasi yang baik dengan selokan yang bersih, pasokan air dari Pamsimas, serta penyediaan akses air bersih untuk seluruh masyarakat di kampung ini.

Selain Kampung KB Kokolaka, terdapat pula kampung-kampung KB lainnya di Jawa Tengah, seperti Kampung KB Abadi Tegaldowo di Kabupaten Rembang, Kampung KB Semarak Karya di Kota Tegal, dan Kampung KB Kencanasari di Kabupaten Purworejo. Program-program progresif di berbagai kampung KB ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Jawa Tengah secara keseluruhan. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: