BMKG: Gempa Bumi M6,6 di Selatan Yogjakarta, Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG: Gempa Bumi M6,6 di Selatan Yogjakarta, Tidak Berpotensi Tsunami

Genteng rontok dan teras ambruk beberapa rumah di Pacarejo, Semanu, akibat gempa, Jumat, 30 Juni 2023.-BPBD DIY-

JOGJAKARTA, HARIAN DISWAY -  Jogja diguncang gempa bumi tektonik, Jumat Malam, 30 Juni 2023 pukul 19.57 WIB. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 6,6 (M6,6).

Episenter gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 8,63° LS; 110,08° BT, atau lebih tepatnya berlokasi di laut, sekitar 81 km di sebelah selatan Kota Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan kedalaman 67 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi itu diklasifikasikan sebagai jenis gempa bumi menengah yang disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).


Terjadi gempa laut di kawasan Bantul, Jawa Tengah hingga Jawa Timur malam ini, Jumat 30 Juni 2023.-Istimewa-

Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen, dan Ponorogo dengan skala intensitas IV MMI. Sementara itu, di Kediri dan Mojokerto, gempa dirasakan dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan truk berlalu).

Gempa juga terasa sampai ke Surabaya dan Sidoarjo. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini *TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*," tulis BKMG lewat Instagram.

BACA JUGA:Gempa Guncang Bantul, Yogyakarta, Kediri, Nganjuk, Hingga Surabaya. Berikut Parameter Sementaranya

BACA JUGA:Waspadai Gelombang Tinggi Tiga Hari Kedepan

Hingga pukul 20.40 WIB, BMKG telah mencatat adanya 5 (lima) gempa susulan dengan magnitudo terbesar M4,5.

Masyarakat, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu,  warga juga diharapkan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Sebelum kembali ke dalam rumah, disarankan untuk memeriksa dan memastikan kestabilan bangunan tempat tinggal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: