KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Paparkan Pentingnya Public Speaking

KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Paparkan Pentingnya Public Speaking

Kharisma Asmara Kunsena dan tim berfoto bersama usai penjelaskan manfaat public speaking.-Istimewa-

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam praktik kerja nyata di masyarakat. KKN Untag ini berbeda dengan yang lain yang seharusnya dilaksanakan lebih dari satu bulan tetapi Untag melangsungkan KKN hanya 12 hari.

Salah satunya adalah kemampuan public speaking atau berbicara di depan orang. Ini yang menjadi perhatian oleh Kharisma Asmara Kunsena, mahasiswa Untag yang ikut KKN di Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. 

BACA JUGA:KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Jelaskan Strategi Copywriting pada Pemasaran Produk

Public speaking sangat perlu dikembangkan seiring zaman yang banyak menggunakan digitalisasi yang mewajibkan masyarakat mengetahui cara kerja pemasaran dalam e-commers. Public speaking sering dikatakan dengan komunikasi, serta cara seseorang menyampaikan informasi. 

Masalah yang ada di Desa Jiyu, UMKM mebel belum fokus dalam pemasaran di media sosial, tepatnya di e-commers. Selama ini, pelaku UMKM hanya memasarkan dari mulut kemulut. Dengan begitu, pelatihan public speaking sangat penting untuk mengembangkan pemasaran dalam media sosial. 

Pelatihan dilakukan pada tanggal 6 Juli 2023 yang dilakukan di Balai Desa Jiy. Menurut Ibu Ainun, “ Perlu dilakukan dalam pemasaran marketing menggunakan public speaking dapat mempermudah pemasaran produk”. 

Pelaku UMKM sangat memahami public speaking tentang materi yang disampaikan. Serta membuka pandangan tentang penggunaan public speaking dalam pemasaran dengan memberikan contoh konten creator. Juga memberikan contoh berkomunikasi langsung dengan pembeli menggunakan promosi melalui live streaming

Public speaking sangat membantu UMKM untuk memperbanyak kerjasama diluar desa. Kerja sama dapat dilakukan dengan menggunakan e-commers tidak harus bertemu tetapi dapat dilakukan jarak jauh. Dengan promosi yang dilakukan secara streaming dapat membantu konsumen menanyakan tentang produk yang ada di etalase.  (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: