KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Jelaskan Strategi Copywriting pada Pemasaran Produk

KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Jelaskan Strategi Copywriting pada Pemasaran Produk

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Bersama Pelaku UMKM Kerupuk Ikan.-Silviana Berly Febriani-

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY- Dalam era digital saat ini, perusahaan dan organisasi tidak hanya bergantung pada produk atau layanan yang berkualitas. Tetapi juga pada kemampuan mereka untuk memperoleh perhatian konsumen potensial dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan tertentu. 

Inilah peran penting yang dimainkan oleh copywriting dalam strategi pemasaran. Dalam konteks KKN, Silviana Berly Febriani, mahasiswa program studi Sastra Inggris di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memilki kesempatan memaparkan dan menerapkan prinsip-prinsip copywriting yang efektif untuk mempromosikan program kerja yang dikerjakan. 

BACA JUGA:Mahasiswa Untag KKN Kenalkan Digitalisasi Pembuatan Website

Paparan ini disampaikan kepada pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) Kerupuk Ikan. Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis (06-07-2023) di rumah pelaku UMKM yang terletak di Dusun Jiyu, Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Pukul 09.00 WIB sampai jam 13.00 WIB. 


Silviana Berly Febriani dan tim berfoto usai pemaparan materi copywriting.-Istimewa-

Copywriting adalah seni dan ilmu menulis teks bersifat meyakinkan yang bertujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merk dalam konteks pemasaran digital. Copywriting yang efekif dapat memengaruhi dan menginspirasi pelanggan untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk, mendaftar ke surat kabar, atau berinteraksi dengan konten. 

Tujuan kegiatan ini, agar semua pelaku usaha yang ada di Dusun Jiyu dapat mengenal pengertian copywriting dan menambah wawasan juga pengetahuan copywriting dalam pemasaran digital. Dalam kegiatan ini, tidak hanya pemilik usaha yang hadir tetapi juga karyawan-karyawannya. 

Selain pemaparan materi tentang copywriting, Silviana juga mendampingi penulisan narasi iklan yang efektif kepada Ibu Rumani, pelaku UMKM Kerupuk Ikan. Ibu Rumani mencontohkan narasi iklan tersebut di story WhatsApps. Beliau menuliskan “Bagi para pecinta kuliner khas Indonesia, rasanya tak lengkap jika makan tanpa kerupuk. Kini hadir Kerupuk Ikan Dua Berlian. Produk kam terbuat dari ikan segar dan teksturnya sangat renyah dipadukan dengan kelezatannya di lidah anda. Selalu siap sedia Kerupuk Ikan Dua Berlian untuk sajian dengan cita rasa yang luar biasa, sehingga cocok untuk lauk maupun snack”. 

Melalui program kerja yang sudah dipaparkan Silviana, Ibu Rumani dan Mbak Sofi selaku pelaku UMKM diharapkan dapat memahami dan dapat menerapkan copywriting tersebut setelahnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: