KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Paparkan Manfaat Media Sosial dan E-Commers

KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Paparkan Manfaat Media Sosial dan E-Commers

Dea Yuliana dan tim memaparkan manfaan penggunaan media sosial dalam pemasaran produk UMKM pigora.-Istimewa-

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY- Saat ini, media sosial merupakan hal sangat penting bagi para pelaku UMKM (penjual). Medsos memungkinkan untuk mengenalkan atau berbagi konten yang terhubung dengan orang lain (konsumen) secara virtual ataupun secara online. Tidak hanya berbagi konten promosi saja, melainkan juga berbagi informasi dengan orang lain (konsumen), serta menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain (konsumen). 

E-commers sendiri merupakan suatu transaksi bisnis melalui teknologi elektronik yang menjadi jembatan antara penjual (para pelaku UMKM) dengan para konsumen.

BACA JUGA: KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Berinovasi pada Kemasan dan Logo UMKM

Desa Jiyu merupakan suatu desa di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto yang juga lokasi kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya pada 3 Juli 2023 - 14 Juli 2023. 

KKN di Desa  Jiyu diharapkan untuk mahasiswa dapat menjadi suatu pengalaman belajar yang baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran  hidup bermasyarakat. Salah satunya dilakukan Dea Yuliana.

Dea membawa program Pelatihan Penggunaan Media Sosial dan E-Commers sebagai Media Promosi yang ditujukan kepada para pelaku UMKM pigura di Dusun Pandan Sari, Desa Jiyu. Dea memaparkan programnya pada 6 Juli 2023 di Balai Desa Jiyu dan dihadiri 4 Pemilik usaha UMKM pigura. 

Saat memaparkan materi, para pelaku UMKM salah satunya ibu Fitri Khofifah pemilik “CENTRAL FIGURA” sangat tertarik dengan materi Dea. Ini karena selama ini, para pelaku UMKM masih menggunakan media sosial Facebook untuk pemasaran dan melalui mulut ke mulut. Maka dari itu pada kegiatan pelatihan ini, Dea Yuliana memaparkan aplikasi instagram sebagai media promosi (Media Sosial) juga aplikasi Shopee sebagai media transaksi jual beli secara online (E-Commers).

“Dengan adanya pelatihan penggunaan media sosial dan e-commers sebagai media promosi, dapat mempermudahkan dalam pemasaran secara online juga  dapat menunjang penjualan bisnis dalam jangka panjang,” ucap bapak Samsul Udin, pemilik UMKM pigura yang lain. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: