Diresmikan Presiden, Jalan Tol Cisumdawu Gratis Selama 2 Minggu

Diresmikan Presiden, Jalan Tol Cisumdawu Gratis Selama 2 Minggu

Twin tunnel Jalan Tol Cisumdawu berlatar pengunungan Geulis-Bukitjarian di Kabupaten Sumedang-Kementerian PUPR-

SUMEDANG, HARIAN DISWAY - Setelah diresmikan Presiden pada selasa, 11 Juli 2023, Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi tanpa tarif alias gratis selama 2 minggu kedepan.

“Tarif jalan tol Cisumdawu akan dibebaskan sekitar 2 hingga 3 minggu,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di sela-sela peresmian dekat Twin Tunnel Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. 

Basuki meminta pada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Pengelola Cisumdawu yakni PT PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk melakukan pengecekan akhir kesiapan operasional. 

BACA JUGA:Diresmikan Presiden, Jalan Tol Cisumdawu Diharapkan Perkuat Bandara Kertajati

“Lampu penerangan jalan sudah terpasang, tinggal membersihkan median. Seperti biasanya, kita bebaskan tarifnya selama 2-3 minggu setelah peresmian, baru kita operasikan,” jelas Menteri Basuki.

Sebelumnya, jalan tol Cisumdawu telah beroperasi pada Seksi 1 yang terbentang dari Cileunyi di Kabupaten Bandung hingga ke Pamulihan sepanjang 11,45 Km. Operasional seksi 1 sudah dilakukan sejak Januari 2022. 

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka-Dawuan Dinyatakan Siap Untuk Jalur Fungsional Lebaran

Kemudian diikuti dengan Seksi 2 Pamulihan - Sumedang sepanjang 17,05 Km dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka sepanjang 4,05 Km yang beroperasi sejak Desember 2022 guna mendukung kelancaran lalu lintas selama periode Natal dan tahun baru 2022/2023. 

Sementara, untuk Seksi 4 hingga 6 Cimalaka - Dawuan sepanjang 29,3 km, sempat dibuka fungsional saat mudik Lebaran 2023.

BACA JUGA:Pembebasan Lahan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen Rampung Akhir 2023.

Presiden berharap rampungnya jalan tol Cisumdawu bisa berdampak pada menggeliatnya bandara Kertajati. Sebelumnya, Cisumdawu dan Kertajati dijadwalkan agar bisa beroperasi bersamaan. 

"Karena urusan pembebasan lahan, airport Kertajatinya selesai, tolnya belum selesai sehingga ini mengganggu operasional dari airport Kertajati,” ungkap Presiden.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: