Bandara Kertajati Mulai Ramai Layani Kedatangan Jamaah Haji

Bandara Kertajati Mulai Ramai Layani Kedatangan Jamaah Haji

Jamaah haji asal Indramayu tiba di Bandara Kertajati Senin, 10 Juli 2023-Kemenhub-

MAJALENGKA, HARIAN DISWAY - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai melayani kedatangan jamaah haji

Pada Senin, 19 Juli kemarin, sebanyak 374 jamaah haji asal Kabupaten Indramayu mendarat di bandara yang terletak di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka tersebut. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan jajarannya terus melakukan pengawasan melalui para inspektur untuk memastikan keselamatan, keamanan, serta pelayanan penerbangan kepada para jemaah haji agar berjalan optimal.

BACA JUGA:Diresmikan Presiden, Jalan Tol Cisumdawu Diharapkan Perkuat Bandara Kertajati

"Kedatangan para jemaah haji kloter kedua di Kertajati berlangsung lancar. Para inspektur telah ditugaskan di seluruh bandara debarkasi haji, salah satunya Kertajati agar para jemaah haji mendapatkan pelayanan terbaik," ujar Kristi.

Jemaah haji asal Indramayu ini diberangkatkan dari Madinah menggunakan maskapai Saudi Airlines mendarat pada pukul 18.50 WIB. 

Para Jamaah langsung melalui proses imigrasi lalu diangkut menggunakan bus menuju Indramayu.

BACA JUGA:Lepas Penerbangan Haji Pertama dari Kertajati, Menag Wanti-Wanti Jamaah Haji

"Serangkaian proses pemeriksaan dilakukan jemaah haji sesuai dengan skema kedatangan internasional. Petugas bandara senantiasa membantu para jemaah khususnya yang berusia lanjut untuk dapat menciptakan Haji Ramah Lansia," ucapnya.

Kristi mengatakan, sebelum ditetapkannya embarkasi dan debarkasi haji di Bandara Kertajati, jamaah haji yang berasal dari Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan atau biasa disebut wilayah Ciayumajakuning harus menempuh perjalanan darat sekitar 3-4 jam menuju Bandar Udara Soekarno Hatta sebagai bandara embarkasi dan debarkasi.

BACA JUGA:Penerbangan Haji Pertama dari Bandara Kertajati

BACA JUGA:Daftar Bandara Embarkasi Haji 2023, Kertajati Salah Satunya

"Sekarang, jemaah dari wilayah Ciayumajakuning tidak perlu jauh-jauh lagi ke Bandara Soekarno-Hatta, karena Bandara Kertajati telah hadir melayani para jemaah haji, umrah dan penerbangan reguler," jelas Kristi.

Kristi berharap, operasional penerbangan di Bandara Kertajati yang sudah ada akan terus meningkat. Juga bisa menjadi stimulus agar maskapai lain dapat membuka rute penerbangan baru baik domestik dan internasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: